9.7 C
New York
Jumat, Oktober 18, 2024

Buy now

spot_img

Turunkan Kolesterol Dengan 5 Kombinasi Makanan Ini

Kolesterol merupakan penyakit yang dipicu oleh gaya hidup tak sehat. Jika punya kolesterol tinggi, coba atasi dengan konsumsi 5 kombinasi makanan sehat ini.

Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi ketika seseorang punya terlalu banyak zat lemak dalam darahnya. Pembuluh darah tersumbat hingga membuat seseorang berisiko alami penyakit jantung dan stroke.

Meskipun kolesterol bisa disebabkan oleh faktor genetik, tetapi bisa juga karena gaya hidup tidak sehat. Umumnya kolesterol tinggi disebabkan karena kebiasaan konsumsi makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, kelebihan berat badan, merokok, hingga minum alkohol.

Menjaga keseimbangan kolesterol penting untuk kesehatan tubuh. Dengan tingkat kolesterol yang seimbang, memungkinkan seseorang terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Oleh karenanya, sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Ini bisa dicapai dengan cara konsumsi makanan sehat. Bukan hanya satu jenis makanan saja, melainkan juga dengan mengombinasikan makanan ini untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Berikut 5 kombinasi makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol, seperti dikutip dari Times Of India.com (15/05).

  1. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah berperan penting dalam masakan. Masakan yang ditambah dengan kedua bahan ini akan menghasilkan rasa gurih dan aroma yang harum.

Selain kelebihannya dalam memberi sentuhan enak dalam masakan, bawang putih dan bawang merah juga memiliki sifat penurun kolesterol.

Bawang putih mengandung allicin yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Untuk bawang merah mengandung quercetin yang dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL (Low density lipoprotein).

Jika kedua bahan ini dikombinasikan, itu tidak hanya enak tetapi juga bisa menambah manfaat kesehatan. Bawang putih dan bawang merah bisa dimakan secara utuh atau ditambah dalam masakan, seperti kari, sup, dan kuah kaldu.

  1. Almond dan yogurt

Almond dikenal sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal dan protein yang baik untuk kesehatan jantung. Almond sekaligus mampu menurunkan kadar kolesterol LDL (Low density lipoprotein).

Baca juga  Penggunaan Anggaran Penting untuk Fasilitas Kesehatan Berkualitas

Sebuah studi menemukan jika makan yogurt dapat menurunkan kadar kolesterol total hingga 4%.

Sementara yogurt merupakan makanan dengan kandungan probiotik yang dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi peradangan. Jika yogurt dikonsumsi dengan almond, bisa jadi menu sarapan bergizi.

  1. Teh hijau dan lemon

Salah satu jenis teh populer adalah teh hijau. Teh ini rasanya enak dan kaya akan senyawa antioksidan.

Dengan kandungan tersebut, teh hijau dapat mengurangi tingkat kolesterol LDL. Di sisi lain, lemon juga mengandung flavonoid yang memiliki sifat penurun kolesterol.

Mengonsumsi kombinasi keduanya bersamaan, memberikan manfaat bagi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Times Of India menemukan bahwa konsumsi flavonoid yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Kunyit dan lada hitam

Tak jauh beda dengan jahe, kunyit juga telah digunakan oleh beberapa masyarakat di dunia seperti India dan Indonesia selama berabad-abad lalu. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan penurun kadar kolesterol.

Sebuah studi penemuan Times Of India menemukan jika orang dengan kolesterol tinggi yang secara signifikan konsumsi suplemen terbuat dari kunyit dan lada hitam selama 12 minggu, dapat mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dari tubuhnya.

Perpaduan bumbu rempah ini mampu menghasilkan rasa gurih dan bergizi. Keduanya bisa ditambahkan ke dalam masakan, seperti kari, sup, maupun hidangan berkuah lainnya.

  1. Beras merah dan kacang polong

Selain kacang almond, kacang polong juga menjadi sumber protein yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengutip klikdokter.com (10/11/2020), beberapa penelitian menunjukkan jika serat dan protein dalam kacang polong memiliki manfaat baik untuk memperbaiki masalah kolesterol.

Sementara itu, beras merah adalah sumber biji-bijian utuh yang konsumsinya mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 20%. Beras merah bisa dimasak dan dinikmati dengan tumisan kacang polong.(net)

 

BERITA LAINNYA

spot_img
spot_img

BERITA TERBARU