Banjarbaru Jadi Ibukota, Ketua DPRD Banjarbaru Mengaku Bangga

Facebook
Twitter
LinkedIn
Fadliansyah Akbar, Ketua DPRD Kota Banjarbaru. (link)

Link, Banjarbaru – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarbaru Fadliansyah mengatakan, warga Kota Banjarbaru patut bangga dengan ditetapkannya  Banjarbaru menjadi ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita semua sebagai warga kota patut bangga atas dijadikannya Banjarbaru sebagai ibukota Kalsel. Semoga dengan ditetapkan pemindahan ibukota ini dapat menjadikan Kota Banjarbaru bisa lebih maju,” ujarnya, kepada Linkalimantan.com Selasa (22/2/2022).

Pernyataan itu disampaikan Fadliansyah terkait penetapan Kota Banjarbaru menjadi ibukota Kalsel yang resmi disahkan DPR RI pada rapat paripurna pengesahan tujuh RUU menjadi UU tentang provinsi di Indonesia.

Adapun tujuh RUU yang disahkan DPR  RI menjadi UU yakni UU Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

Baca Juga  Sampah Bekas Kegiatan Lomba Lari Arutmin Berserakan

Menurut Fadliansyah, Banjarbaru sebagai ibukota provinsi sangat ideal karena segi lahannya yang luas dan perkembangan daerahnya.

“Sangat cocok apalagi letak geografisnya berada di tengah-tengah jalur lintasan kabupaten di Kalsel, juga segi lahannya sangat memadai untuk mendirikan bangunan, termasuk juga keberadaan bandara sebagai pintu gerbang Kalsel,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait rancangan RT RW di Banjarbaru Fadliansyah menyebut, masih dalam tahap pembahasan. Penataan kawasan perlu terus dievaluasi.

“Kami menyesuaikan lokasi-lokasi pusat perekonomian sesuai dengan syarat menjadi ibukota. Yang jelas ibukota itu kan sebagai kota jasa dan pelayanan, jadi kita siap untuk rancangan RT RW ini yang insyaallah tahun 2022 sudah bisa ditargetkan,” tuturnya. (Ita/BBAM)