Senin, Juli 22, 2024
BerandaHeadlineBoston Celtics Rebut Gelar Juara NBA Ke-18

Boston Celtics Rebut Gelar Juara NBA Ke-18

Link,Jakarta – Boston Celtics merebut gelar juara NBA ke-18 dan yang pertama sejak 2008 pada Senin (17/6) malam, mengalahkan Dallas Mavericks 106-88 di Game 5 Final NBA – mengakhiri penampilan dominan tim yang siap untuk menguasai NBA untuk tahun-tahun mendatang.

Enam belas tahun setelah Celtics musim 2007-08 mengamankan gelar juara ke-17 di lantai parket, Celtics 2023-24 mencatatkan hasil serupa di Causeway Street.

Boston Celtics 2023-24 mirip dengan klub 2008 – keduanya menampilkan daftar pemain yang ditopang oleh talenta lokal, dan semakin meningkat melalui beberapa manuver offseason yang cerdas oleh pihak manajemen Boston yang bertekad untuk mengembalikan franchise ini ke puncak.

Namun tidak seperti tim tahun 2008 – yang merebut keabadian bola basket di tahun pertamanya bersama – tim inti Celtics ini berjalan dengan susah payah melalui beberapa kesalahan langkah yang memilukan dan tersandung di panggung tertinggi bola basket sebelum akhirnya mencapai puncak.

Dari perjalanan tak terduga yang dihentikan oleh LeBron James pada 2018, hingga kampanye Final 2022 yang dihentikan oleh Steph Curry dan Warriors, hingga reli 0-3 yang belum pernah terjadi sebelumnya melawan Heat yang dipadamkan pada 2023, jalan Boston Celtics menuju gelar juara tidak selalu mudah.

Baca juga  Philadelphia 76ers kalahkan Boston Celtics di Game Keempat

Namun, saat confetti menghujani lantai parket pada Senin malam di tengah hiruk-pikuk sorak-sorai dan kegembiraan lainnya, sudah sepantasnya gelar ke-18 Boston yang memecahkan rekor disegel melalui sepasang penampilan dominan dari Jayson Tatum dan Jaylen Brown.

Kedua pilar dari era dominasi terbaru Boston ini semakin mengukuhkan diri mereka sebagai legenda franchise di Game 5. Tatum memimpin Boston dengan 31 poin, delapan rebound dan 11 assist, sementara Jaylen Brown menambahkan 21 poin.

Jrue Holiday mengamankan cincin keduanya dengan 15 poin dan 11 rebound, sementara Derrick White menambahkan 14 poin

Kristaps Porzingis, yang kembali ke lapangan pada hari Senin setelah absen dalam dua pertandingan terakhir karena cedera pergelangan kaki, menambahkan lima poin selama 16 menit. Al Horford akhirnya mengamankan gelar pertamanya, dengan bigman berusia 38 tahun itu menyumbangkan sembilan poin.

BERITA TERKAIT

TERPOPULER