Minggu, Maret 3, 2024

Dubes Palestina Ucapkan Terima Kasih Untuk Masyarakat Indonesia

Link, Banjarmasin – Kedatangan Duta Besar (Dubes) Palestina Zuhair Al Shun ke Kalimantan Selatan, disambut hangat oleh Gubernur Sahbirin Noor dengan jamuan makan malam di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Minggu (3/12/2023).

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan rasa prihatinnya atas kenyataan bahwa rakyat Palestina belum lepas dari penjajahan.

Berkaca dari pengalaman bangsa Indonesia yang pernah dijajah bangsa Belanda dan Jepang, apa yang dirasakan rakyat Palestina bisa dibayangkan bagaimana sakit dan menderitanya menjadi bangsa terjajah.

“Apa yang dirasakan rakyat Palestina, itulah yang dirasakan masyarakat Kalimantan Selatan,” ujar Paman Birin.

Sementara itu, Zuhair dalam sambutannya mengatakan, selama dua hari di Kalsel, ia bangga melihat antusias masyarakat Kalsel yang terlibat dengan aksi solidaritas untuk Palestina.

Zuhair bangga sekali terhadap antusias masyarakat Kalsel mulai orang dewasa hingga anak-anak yang turun ke jalan di lapangan Murjani Banjarbaru demi menyuarakan kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

Zuhair juga mengatakan, dari dalam hatinya, jujur ia katakan, bangsa Indonesia selalu mendukung terhadap perjuangan rakyat Palestina mendapatkan hak-hak mereka.

Tidak hanya dukungan diplomatik ujarnya, tapi juga dilakukan bantuan langsung ke rakyat Palestina seperti logistik.

Hal ini sebagai bukti komitmen dukungan bangsa Indonesia terhadap Palestina. Zuhair juga menyinggung bagaimana tanah air rakyat Palestina dulu dirampas oleh Israel dan terus melakukan aksi penjajahan hingga sekarang.

Baca Juga  Capacity Building Diharapkan Jadikan Inflasi Menjadi Lebih Baik

Disebutkan, situasi di Palestina saat ini sangat kompleks dan tidak kurang 60.000 warga Palestina, tewas dan cedera, ditambah ribuan rumah dan fasilitas umum hancur akibat ulah bangsa Israel.

Diakhir sambutannya, Zuhair menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kalsel khususnya dan rakyat Indonesia umumnya, atas dukungan yang selama ini diberikan.

Jamuan makan malam diakhiri dengan pertukaran cenderamata oleh Gubernur Kalsel kepada Dubes Palestina untuk Indonesia dan sebaliknya.

Sebelumnya, pada Minggu pagi Zuhair memberikan orasi kemanusiaan untuk dukungan kemerdekaan Palestina di lapangan Murjani Banjarbaru, Minggu.

Masyarakat Kalsel menggelar aksi damai dengan mengenakan bendera syal dan stiker untuk menyuarakan kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

Sejumlah orang tua dan anak-anak mengikuti aksi damai tersebut untuk mendukung kemerdekaan bagi warga korban perang di Gaza, Palestina agar terbebas dari kekejaman perang. Ribuan masyarakat dan relawan dari berbagai elemen serta jajaran Pemerintah Kota Banjarbaru melaksanakan pawai akbar di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru. (tri)

BERITA POPULER