Riset PIKKC ITB, Banjarbaru Sejajar dengan Yogyakarta dan Surakarta

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Banjarbaru – Sejak 2 Agustus 2021, Pusat Inovasi dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (PIKKC ITB) melaksanakan kegiatan bertajuk Riset Transformasi Digital Indoensia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI). Seluruh kota di Indoensia menjadi objek penelitian. Tak terkecuali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Hasi penelitian dipaparkan saat acara penutupan pada Senin, (27/12/2021) via daring oleh tim riset. Pada kegiatan itu pula diserahkan penghargaan untuk kota memenuhi kriteria. Karena tujuan dilaksanakan penelitian adalah untuk memotret kesiapan digital kota dan memberikan gambaran komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota, sehingga dapat dijadikan acuan bagi tata Kelola kota di Indonesia.

Hasilnya, Kota Banjarbaru berhasil medapat dua penghargaan untuk kategori Kota Sedang. Dua penghargaan itu; Kategori Kota Dengan Energi Cerdas dan Kategori Kota Tanggah (Resilience City).

Baca Juga  Momen Istimewa Paman Birin Berasama Dr.KH Muhammad Saberan Afandi

Untuk penghargaan Kategori Kota Dengan Energi Cerdas, Kota Banjarbaru sejajar dengan empat kota lain di Indonesia yang juga mendapat penghargaan; Yogyakarta, Surakarta, Probolinggo, dan Jambi. Sedangkan untuk Kota Tangguh, Kota Banjarbaru sebanding dengan Kota Yogyakarta, Surakarta, Cimahi, dan Pekanbaru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Banjarbaru, Iwan Hermawan mengatakan, penghargaan yang diberikan dari hasil riset oleh PIKKC ITB ini tentu sangat membanggakan. Terlebih lagi, Kota Banjarbaru mendapat penghargaan untuk dua kategori Kota Sedang.

Diraihnya penghargaan, kata Iwan, tak lepas dari padu padan dukungan seluruh pihak di  lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, juga sejumlah pihak terkait lainnya. “Banjarbaru memang layak sebagai Kota Cerdas,” kata Iwan. (yanto/linkkalimantan.com)