Sabtu, Maret 2, 2024

TPU Cempaka Gratis untuk Masyarakat Tak Mampu

Link, Banjarbaru-Satu lagi program Pemko Banjarbaru yang begitu kental dengan kebutuhan masyarakat tidak mampu. Program itu adalah sosialisai pemanfaatan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cempaka sebagai pemakan umum yang gratis untuk masyarakat Kota Banjarbaru yang tak mampu.

Selain sosialisasi TPU Cempaka, Pemko Banjarbaru melalui Dinas Perkim Kota Banjarbaru juga menghibahkan tenda dan alat alat pemandian mayat kepada perkumpulan rukun kematian.

Sartono, Kabid Pertamanan dan Pemakaman Disperkim memaparkan, Pemko Banjarbaru kini telah memiliki TPU sesuai standar yang diperuntukkan nagi masyarakat Kota Banjarbaru khusunya.

“Untuk warga Kota Banjarbaru yang tidak mampu, tidak dipungut biaya. Syaratnya cukup diketahui RT dan Lurah,” ungkapnya saat sosialisasi TPU Cempaka, Senin 13 Desember 2021, di TPU Cempaka.

Sedangkan untuk masyarakat di luar Kota Banjarbaru, Sartono mengatakan tarif akan dikenakan Rp 10 juta per lubang.

“Angka ini dipasang sekalian untuk menghindari banyaknya masyarakat luar Kota Banjarbaru yang bermakam di sino,” ujarnya.

TPU Cempaka ini katanya, menjadi percontohan sebagai pemakaman standar. Dan sepertinya di Kalsel sendiri baru TPU Cempaka yang lengkap fasilitasnya. Ada mushola, kantor serta fasilitas lainnya.
TPU Cempaka merupakan taman pemakaman umum.

“Namanya juga taman, jadi di dalam TPU Cempaka ini 30 persen lahannya merupakan lahan terbuka hijau,” jelasnya.

Camat Cempaka Dedi Hariyadi menyambut gembira hibah yang disampaikan melalui sosialisasi.

“Alhamdulillah, ini bukti nyata keperdulian pemerintah terdapat kebutuhan masyarakat,” katanya.
Utamanya sebut dia, gratis untuk masyarakat yang tidak mampu untuk bermakam di TPU Cempaka. (why/link)

Baca Juga  Disdag Banjarbaru Akui Banyak Pasar Sepi Pedagang

BERITA POPULER