Senin, Maret 4, 2024

7 Makanan Enak Ini Dipercaya Mampu Turunkan Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah melebihi batas normal. Jika tidak segera ditangani, hipertensi bisa menyebabkan risiko penyakit ginjal, stroke, dan serangan jantung.

Namun, ada beberapa makanan enak dan terbaik dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dilansir dari laman Very Well Health, berikut beberapa dari makanan tersebut di bawah ini!

  1. Jeruk

Jeruk mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Selain itu, penelitian juga menunjukkan, bahwa minum jus secara teratur dapat membantu mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi dini. 

  1. Pisang

Pisang mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. 

Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 226 miligram (mg) potasium. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 3.400 mg setiap hari, sedangkan kebanyakan perempuan membutuhkan 2.600 mg. 

  1. Semangka

Semangka mengandung potasium, likopen, dan citrulline, yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, semangka juga dapat memberi rasa kenyang sambil menambahkan sedikit kalori. 

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan peradangan dan tekanan darah. 

Para ahli juga merekomendasikan untuk mengonsumsi dua atau tiga porsi ikan berlemak setiap minggu. Ikan yang tinggi asam lemak omega-3 ialah seperti salmon, sarden, teri, tuna sirip biru, ikan kembung, dan ikan haring. 

  1. Daging Tanpa Lemak

Mengikuti diet DASH, kamu dapat mengonsumsi hingga enam porsi 1 ons daging tanpa lemak, ikan, unggas, dan telur setiap hari. Beberapa daging tanpa lemak ialah seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, salmon, tuna, ikan trout, potongan daging sapi, dan domba tanpa lemak.

  1. Yogurt

Yogurt kaya akan mikronutrien, termasuk potasium. Sebuah penelitian menemukan, bahwa yogurt dalam jumlah kecil pun dapat membantu menurunkan tekanan darah. Peserta penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi yogurt memiliki pembacaan tekanan darah 7 poin lebih rendah dibandingkan peserta yang tidak. 

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan flavanol, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah serta peradangan. Selain itu, cokelat hitam memiliki flavanol 2 hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan cokelat susu. (net)

Baca Juga  Berikut 8 Makanan Dengan Kandungan Vitamin D

BERITA POPULER