Rabu, April 24, 2024

Daun Kelor, Tumbuhan Ajaib Serba Guna

Manfaat daun kelor sebagai obat herbal telah banyak dirasakan selama berabad-abad.

Tak cuma daun, seluruh bagian kelor termasuk akar, kulit tanaman, dan biji kelor berguna untuk manusia dan hewan. Menurut laman Renature, semua bagian kelor bisa digunakan sebagai obat-obatan, makanan, dan proses penjernihan air.

Keajaibannya membuat tanaman asli India yang tumbuh subur di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan ini mendapat julukan sebagai miracle tree atau pohon ajaib.

Dikutip dari WebMD, daun kelor mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, serta mengandung kalium 15 kali lebih banyak dari pisang. Daun kelor juga mengandung kalsium, protein, zat besi, dan asam amino.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat daun miracle tree alias daun kelor:

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dalam sel tubuh meningkat sebagai respons dari stres. Terlalu banyak radikal, tubuh akan terkena stres oksidatif, yang bisa merusak sel-sel tubuh dan memicu penyakit. Penyakit yang menghampiri akibat stres oksidatif pun tak main-main, yakni penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Untungnya, radikal bebas dalam tubuh bisa diatasi dengan antioksidan yang terkandung dalam makanan.

Dilansir dari Healthline, daun kelor mengandung banyak vitamin C dan beta karoten.

Keduanya berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Baca juga:

Mengurangi peradangan

Manfaat daun miracle tree selanjutnya, berkaitan dengan anti-peradangan atau antiinflamasi. Peradangan atau inflamasi merupakan respons alami tubuh saat mengalami infeksi atau cedera.

Meski menjadi mekanisme perlindungan, peradangan yang terus berkembang dalam jangka waktu panjang akan membawa masalah kesehatan lain, termasuk penyakit jantung dan kanker. Daun kelor mengandung zat yang berfungsi sebagai anti-peradangan berupa isotiosianat.

Zat ini membantu meredakan peradangan pada tubuh, sehingga tidak berkembang menjadi penyakit kronis.

Manfaat ajaib daun kelor yang diolah sebagai bubuk atau minyak diyakini dapat menjadikan kulit sehat, mencegah jerawat hingga penuaan.(SHUTTERSTOCK/wasanajai)

Menutrisi kulit dan rambut

Manfaat daunmiracle tree juga mencakup kesehatan kulit dan rambut, termasuk mencegah penuaan, jerawat, dan kulit kusam.

Hal ini karena sifat antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga rambut dan kulit menjadi lebih terlindungi.

Bukan hanya itu, seperti dilansir Medical News Today, daun dari miracle tree juga mengandung protein yang sangat membantu dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Daun ini memiliki kandungan untuk menghidrasi dan detoksifikasi, yang membantu meningkatkan nutrisi pada kulit dan rambut.

Meningkatkan kesehatan mata

Berkat tingginya antioksidan seperti betakaroten dan flavonoid, daun kelor turut meningkatkan fungsi mata.

Daun kelor juga bisa mencegah masalah-masalah dalam organ penglihatan, termasuk pelebaran pembuluh darah retina, penebalan membran kapiler, dan disfungsi retina.

Menurunkan kadar gula darah

Gula darah tinggi identik dengan penyakit diabetes. Seiring waktu, kondisi ini juga meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung.

Untungnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor bisa menurunkan gula darah agar tetap berada dalam batas sehat. Selain menurunkan kadar gula dalam darah, tanaman ini juga meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin.

Dengan begitu, daun kelor membantu mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dengan jumlah banyak dalam darah berisiko meningkatkan penyakit jantung dan stroke.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi makanan berbahan dasar nabati yang secara efektif mengurangi kolesterol jahat, seperti daun kelor.

Masih dari Healthline, beberapa penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daunnya kemungkinan memiliki efek penurunan kolesterol jahat dalam darah. (link/net)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img