Tak Hanya Untuk Penyedap Masakan Ini Manfaat Ketumbar

Facebook
Twitter
LinkedIn
manfaat ketumbar

Ketumbar, rempah kaya antioksidan. Ini manfaat ketumbar salah satunya menurunkan kolesterol tinggi.  Ketumbar, rempah-rempah yang populer di kawasan Asia. Biasanya ketumbar digunakan sebagai bumbu masak.

Namun, ketumbar juga tenar dalam pengobatan alternatif. Tidak heran, ketumbar memiliki sifat antioksidan yang memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.  Mengutip dari Organic Facts, ketumbar mengandung vitamin B, vitamin C, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan calsium.

 Manfaat ketumbar 

Ketumbar sering disebut-sebut sebagai salah satu bahan alami yang ampuh mengobati beberapa jenis penyakit.  Ini manfaat ketumbar untuk kesehatan:

  1. Menurunkan kolesterol  Mengutip dari Grid.id, sifat antioskidan dalam ketumbar berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah. Ketumbar juga memiliki sifat diuretik yang berperan untuk membantu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.
  2. Menurunkan gula darah  Merangkum dari NDTV, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menunjukkan ekstrak biji ketumbar bersifat anti-hiperglikemik, pelepasan insulin, dan menjaga kadar glukosa dalam darah tetap stabil.  Ketumbar membantu mengelola diabetes secata alami dengan merangsanjg sekresi insulin.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh Mengutip dari Healthline, sifat antioksidan dalam ketumbar bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas  Sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.
  4. Meningkatkan kesehatan pencernaan  Minyak ketumbar bisa mempercepat dan meningkatkan kesehatan pencernaan.  Sebuah penelitian menunjukkan ketumbah secara signifikan bisa mengurangi sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan.
  5. Menjaga kesehatan otak  Ketumbar memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menurunkan risiko penyakit otak seperti parkinson, alzheimer, dan multiple sclerosis.  Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan ekstrak ketumbar melindungi mereka terhadap kerusakan sel saraf setelah kejang akibat obat.
Baca Juga  Harga Kedelai Mahal, Ukuran Tempe Mengecil

Efek samping ketumbar 

Ketumbar memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ketu,bar juga bisa menimbulkan alergi, masalah hati, dan perut.  Ketumbar yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan gangguan fungsi hati dan sakit perut.  Selain itu, konsumsi ketumbar terlalu banyak juga bisa menyebabkan turunnya tekanan darah.