21 Andiklapas LPKA Dapatkan Remisi

Facebook
Twitter
LinkedIn
bupati banjar serahkan remisi

Link, Martapura – Sebanyak 21 Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura mendapatkan remisi, Sabtu (23/7/2022).

Kabar pemberian remisi untuk 21 Andikpas tersebut diungkapkan Kepala LPKA Kelas I Martapura, Rudi Sarjono, di tengah gelaran peringatan HAN 2022 yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Dr Saharjo, LPKA Kelas I Martapura, Jalan Pintu Air, Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

“Dari total 46 orang Andikpas di LPKA Kelas I Martapura, sebanyak 21 orang Andikpas mendapatkan remisi. Yakni 2 orang Andikpas mendapat remisi maksimal 3 bulan, 1 orang Andikpas mendapat remisi 2 bulan, dan sisanya mendapatkan remisi masing-masing 1 bulan,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Dengan mengusung subtema “Anak Flash dan Superior, Anak Bahagia, Merdeka Belajar, Tiada Berhenti Berkreasi”, papar Rudi Sarjono, diharapkan dapat menyemangati Andikpas yang saat ini menjalani hukuman.

“Karena di sini bukan akhir dari segalanya. Tetapi di sini awal dari perjalanan mereka. Karena itu, untuk memotivasi mereka, kita juga menceritakan perjalan Dr Ir H Soekarno yang beberapa kali menjalani masa hukuman, tapi tetap bisa menjadi Presiden,” katanya.

Baca Juga  Rofiki Meninjau Jembatan Ulin Sungai Pinang Lama

Karena itu, lanjut Rudi Sarjono, sebagai upaya pemenuhan hak anak di LPKA Kelas I Martapura, para Andikpas tetap mendapatkan kesempatan untuk bersekolah melalui bekerjasama dengan beberapa stakeholder terkait, tak terkecuali Dinas Pendidikan (Disdik).

“Jadi mereka mendapatkan hak yang sama dengan anak lainnya dalam hal pendidikan. Bahkan, di tahun lalu ada tiga orang Andikpas sudah lulus, dan di tahun ini juga sebanyak tiga orang Andikpas yang mengikuti pembelajaran baik di SMK Telkom, SMK Suhada, dan SMAN2 sudah dinyatakan lulus,” ucapnya.

Terlebih, tambah Rudi Sarjono, para Andikpas LPKA Kelas I Martapura masih antusias untuk mengecap bangku pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Peringatan HAN 2022 yang diselenggarakan LPKA Kelas I Martapura juga dihadiri Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalimantan Selantan (Kalsel), Lilik Sujandi, dan Letkol Inf Imam Muchtarom selaku Komandan Kodim (Dandim) 1006/Banjar.(zai/BBAM)