Jumat, September 20, 2024
BerandaLink3FIntip 5 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Intip 5 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Terong jadi salah satu makanan kaya nutrisi yang banyak tersedia. Ada banyak manfaat terong ungu yang bisa Anda dapatkan.

Terong adalah salah satu anggota dari keluarga tanaman nightshade. Terong juga kerap dijadikan sebagai sajian makanan di berbagai negara.

Meski kerap dianggap sebagai sayuran, namun secara teknis terong adalah buah. Pasalnya, terong tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Terong juga sangat padat akan nutrisi. Terong mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Berikut kandungan yang ditemukan dalam 82 gram terong:

  • kalori 20
  • karbohidrat 5 gram
  • serat 3 gram
  • protein 1 gram
  • mangan 10 persen dari kebutuhan harian
  • folat 5 persen dari kebutuhan harian
  • kalium 5 persen dari kebutuhan harian
  • vitamin K 4 persen dari kebutuhan harian
  • vitamin C 3 persen dari kebutuhan harian

Manfaat terong ungu

Selain enak untuk disantap, terong juga memberi banyak khasiat bagi siapa pun yang mengunyahnya. Berikut di antaranya, mengutip Healthline.

  1. Mencegah penyakit kronis

Selain vitamin dan berbagai mineral, terong juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Studi menemukan, antioksidan dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Antosianin adalah senyawa antioksidan yang ditemukan dalam terong. Senyawa ini merupakan pigmen yang bertanggung jawab atas warna cerah yang dimiliki terong.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat terong ungu lainnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini juga didapat berkat kandungan antioksidannya.

Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini, bukti manfaat terong untuk penyakit jantung hanya terbukti dalam penelitian terhadap hewan dan tabung reaksi. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh terong terhadap kesehatan jantung manusia.

  1. Menjaga kadar gula darah
Baca juga  Pemerintah Jadwalkan Introduksi Vaksin DBD di Tahun 2025

Kandungan serat yang tinggi membuat terong bisa membantu menjaga kadar gula darah. Serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh.

Penelitian lain menemukan bahwa polifenol yang ditemukan pada terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Keduanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. Menurunkan berat badan

Terong tinggi serat dan rendah kalori. Karena itu lah, terong jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan. Hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang sekaligus membuat seseorang untuk mengurangi asupan kalori.

  1. Melawan kanker

Selain kandungan antioksidan, senyawa tertentu pada kanker juga ditemukan punya potensi melawan sel kanker.

Misalnya saja solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Nama terakhir merupakan senyawa yang ditemukan pada beberapa tumbuhan nightshade seperti terong.

Beberapa studi pada hewan menunjukkan bahwa SRGs dapat memicu kematian sel kanker dan menekan risiko kekambuhan jenis kanker tertentu.

Namun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh berbagai senyawa dalam terong terhadap kanker pada manusia.

Demikian manfaat terong ungu untuk kesehatan. Semoga membantu. (net)

Sumber: CNNIndonesia.com

BERITA TERKAIT

TERPOPULER