Jumat, September 20, 2024
BerandaHeadlineGema Maulid Malam Ke-11 di Mahligai Pancasila

Gema Maulid Malam Ke-11 di Mahligai Pancasila

Link, Banjarmasin – Gema Maulid 40 Malam yang diinisiasi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua TP PKK Kalsel, H Raudatul Jannah atau Acil Odah, malam ke-11 digelar di di Gedung Mahligai Pancasila (14/9).

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong, Tuan Guru H Muhammad Mukri Yunus dalam menyampaikan, tentang mengaji salam seperti petunjuk yang diberikan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Bagaimana jika yang memberi salam mengucapkan Assalamualaikum maka disunnahkan menjawab dengan Waalaikum Salam Warahmatullah.

”Na, kalau dalam dagang Warahmatullah itu untungnya. Kalau dijawab Waalaikum Salam saja itu balik modal,” ucapnya didepan jamaah warga Tanjung Rema Martapura serta jamaah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Guru Mukri menambahkan, jika yang memberi salam Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, maka yang menjawab sebaiknya mengucap Waalaikum Salam Warahmatullahi Wabarakatuhu Wamaghfiratuhu Waridwanuh.

”Nah, tidak lebih dari itu, petunjuk Rasulullah SAW berdasarkan hadis. Jadi jangan sampai yang memberikan salam sampai Wabarakatuh dijawab hanya Waalaikum Salam saja, itu modal saja tidak balik malah tekor,” imbuhnya.

Dari hal tersebut ia menjelaskan bahwa, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar setiap pemberian agar dikembalikan dengan lebih.

Baca juga  Paman Birin Letakan Batu Pertama Pembangunan Uniska

”Jadi setiap pemberian orang kita untuk mengembalikannya ada lebih, jangan terlalu perhitungan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin melalui Kepala Biro Kesejahateraan Rakyat, Fatkhan menyampaikan terimakasih kepada jamaah yang berhadir terlebih warga Tanjung Rema Martapura yang jauh-jauh menghadiri Gema Maulid 40 Malam ke-11.

”Semoga setiap gerak kaki menjadikan nilai ibadah disisi Allah SWT,” ucapnya.

Gubernur Paman Birin pun berharap, melalui kegiatan Gema Maulid 40 Malam ke-11 bukan hanya menjadikannya sekedar tradisi biasa tetapi semakin meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW.

”Dengan peringatan maulid nabi marilah kita jadikan momentum untuk bermuhashabah, dan memaknai hari kelahirannya sebagai utusan Allah membawa wahyu dan menjadi suri teladan bagi kita semua,” tukasnya.

Adapun turut hadir dalam Gema Maulid 40 Malam ke-11 pejabat lingkup Pemprov Kalsel, ASN dan karyawan lingkup dari Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan, DP3A/KB, Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Kepegawaian Daerah, serta Biro Ekonomi. (tri)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER