Jumat, September 20, 2024
BerandaLinkTeknoBMKG: Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 20 September

BMKG: Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 20 September

Link, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia berlaku untuk Jumat (20/9/2024).

Prakirawan BMKG Efa Septiani mengatakan, dari pulau Sumatera, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Palembang dan Pangkal Pinang.
Sedangkan cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Jambi, Bengkulu, dan Bandar Lampung.

Kemudian, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota, seperti Padang, Pekanbaru dan Tanjung Pinang. Selanjutnya, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Medan.

“Perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh,” kata Efa.

Beralih ke pulau Jawa, potensi udara kabur diprakirakan terjadi di kota Yogyakarta. Sedangkan cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Di pulau Bali dan Nusa Tenggara, secara umum cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Denpasar dan Kupang. Selain itu, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Mataram.

Sedangkan di pulau Kalimantan, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Banjarmasin dan Palangkaraya. Selain itu, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Pontianak dan Samarinda.

Baca juga  Gempa Susulan Mengguncang Yogyakarta 53 Kali

“Perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Tanjung Selor,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk pulau Sulawesi, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di kota Makassar. Sedangkan cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Kendari.

Kemudian, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Manado, Gorontalo dan Kendari. “Potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Mamuju dan Palu,” ucapnya.

Berikutnya, untuk wilayah Indonesia timur, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Ambon. Selain itu, potensi udara kabur diprakirakan terjadi di kota Jayapura.

Sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Sorong, Manokwari, Nabire, dan Merauke. “Potensi petir diprakirakan terjadi di kota Ternate,” kata Efa.

Dalam kesempatan ini, Efa menyampaikan potensi banjir rob di sejumlah daerah, seperti pesisir Sumatera Utara, pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah. Kemudian, pesisir Jawa Timur dan pesisir Kalimantan Timur.

BERITA TERKAIT

TERPOPULER