Sabtu, Maret 2, 2024

Aman dan Cepat, Berikut Makanan Penambah Berat Badan

Jika ingin mengurangi berat badan maka solusinya dengan program diet, dari makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, bagaimana jika ingin menambah berat badan?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan. Apa saja makanan penambah berat badan?

Dilansir dari wolipop.detik.com metode paling sederhana untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan sambil berfokus pada makan berbagai kelompok makanan. Individu yang secara khusus ingin membentuk otot dapat menggabungkan asupan kalori yang lebih tinggi ini dengan protein dan olahraga yang cukup.

Cara paling berkelanjutan untuk menambah berat badan adalah dengan melakukannya secara perlahan. Metode penambahan berat badan yang cepat mungkin sulit dipertahankan.

Orang yang ingin menambah berat badan dengan cepat harus berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Dalam beberapa kasus, kesulitan menambah berat badan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa menandakan kondisi kesehatan mendasar yang serius yang memerlukan perawatan medis.

Lalu makanan apa yang dapat membantu seseorang menambah berat badan dengan aman? Berikut ini makanan penambah berat badan yang perlu dikonsumsi:

  1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang digunakan tubuh untuk energi. Salah satu makanan yang tinggi karbohidrat adalah beras. Misalnya, beras merah 100 g mengandung 357 kalori.

Nasi putih juga merupakan makanan penambah berat badan jika disajikan dengan makanan lain, seperti daging atau kacang-kacangan, untuk mendapatkan lebih banyak protein dan kalori. Selain itu, roti gandum mengandung karbohidrat kompleks dan lebih tinggi protein daripada roti putih.

Orang dapat meningkatkan nilai kalori roti dengan memberinya makanan kaya protein, seperti selai kacang atau alpukat. Mereka juga bisa menyiapkan sandwich yang mengandung bahan padat nutrisi.

Kamu dapat menambahkan banyak sumber karbohidrat lain ke dalam makanan, termasuk kentang, spageti, ubi, labu, jagung, kacang-kacangan, seperti buncis.

  1. Buah kering

Buah kering mengandung fruktosa, yaitu gula dalam buah. Mereka berguna sebagai pemanis alami dan cara meningkatkan kandungan kalori makanan.

Misalnya, orang bisa mempermanis sereal atau oatmeal dengan kurma, menambahkan aprikot kering ke yogurt, atau mencampurkan buah kering ke dalam smoothie. Beberapa buah kering juga bekerja dengan baik dalam salad dan makanan matang tertentu, seperti tagine.

  1. Ikan Salmon

Salmon adalah sumber protein dan lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3, yang membantu mendukung kesehatan otak dan mata.

  1. Telur

Telur termasuk makanan penambah berat badan yang tinggi protein dan lemak sehat. Mereka juga kaya kolin, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan berperan penting dalam perkembangan janin.

  1. Susu
Baca Juga  Inspirasi Olahan Daging Kambing dan Sapi

Minum susu bisa menambah berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Susu merupakan makanan padat kalori yang kaya akan kalsium, karbohidrat, dan protein. Secangkir susu 2%-lemak menyediakan sekitar 122 kalori.

Kandungan protein susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang ingin membangun otot, sedangkan kalsium membuatnya bermanfaat bagi orang yang mengkhawatirkan kepadatan tulang atau osteoporosis

  1. Keju

Keju adalah produk susu lain yang tinggi kalori. Ini juga mengandung protein dan kalsium. Kandungan nutrisi yang tepat akan bergantung pada jenis keju dan cara produsen membuatnya.
Misalnya, keju yang sudah tua cenderung memiliki lebih sedikit karbohidrat, sehingga lebih banyak kalori dari keju ini yang berasal dari lemak.

Keju bisa menjadi makanan tinggi sodium, jadi orang harus memeriksa labelnya untuk memastikan bahwa mereka tidak makan terlalu banyak setiap hari.

  1. Yoghurt

Yoghurt penuh lemak adalah sumber kalori dan protein yang baik. Yang terbaik adalah memilih yogurt biasa daripada yogurt rasa, karena ini bisa tinggi gula.

Seseorang dapat membumbui yogurt secara alami dengan menambahkan madu, buah, kacang-kacangan, atau bubuk kakao tanpa pemanis.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun padat kalori dan tinggi lemak tak jenuh tunggal. Satu porsi 15 mililiter minyak zaitun mengandung sekitar 120 kalori, jadi sedikit saja per hari dapat meningkatkan asupan kalori, serta menambah rasa pada salad, pasta, dan hidangan lainnya.

Minyak zaitun juga mengandung lemak jenuh, jadi penting untuk mengkonsumsinya sebagai bagian dari diet seimbang.

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik, dan juga menyediakan banyak kalori. Misalnya, hanya 20 g mentega almond menyediakan 129 kalori, serta kalsium dan magnesium.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa mengandung lemak jenuh, jadi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber alami lemak tak jenuh. Alpukat utuh juga kaya akan vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Seseorang dapat secara signifikan meningkatkan kandungan kalori sandwich, salad, dan smoothie dengan menambahkan sedikit alpukat.

Itulah daftar makanan penambah berat badan yang bisa dikonsumsi. Pertambahan berat badan yang sehat membutuhkan fokus pada makanan padat nutrisi yang menopang tubuh. Butuh waktu untuk mencapai berat badan yang lebih tinggi, tetapi makan berbagai macam makanan dapat membantu seseorang mencapai tujuannya.

(sumber:wolipop.detik.com)

BERITA POPULER