Jumat, April 12, 2024

Rambut Beruban? Coba 5 Makanan Ini

Bukan faktor usia saja, ada beberapa orang yang masih muda rambutnya sudah beruban. Untuk mencegah pertumbuhan uban, coba rutin konsumsi makanan ini.

Seiring dengan bertambahnya usia, ada beberapa bagian tubuh yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Salah satunya rambut beruban yang membuat warnanya berubah menjadi abu-abu.

Meskipun sebagian besar rambut uban disebabkan oleh faktor usia, tetapi tidak menutup kemungkinan anak muda juga bisa memiliki uban.

Semua helai rambut mengalami siklus regenerasi dan kematian saat tumbuh. Siklus tersebut kemudian akan terus berlanjut selama folikel rambut tetap aktif, yang akan berlangsung seumur hidup.

Ketika folikel rambut mengalami stress dan didorong oleh faktor usia, mereka mulai menghasilkan sedikit perubahan warna. Waktu perubahan itu akan ditentukan oleh gen.

Seberapa cepat uban itu tumbuh akan disesuaikan dengan gen. Jika memang orang tua memiliki uban yang lebih cepat muncul, ini bisa juga menurun ke anaknya. Uban yang disebabkan karena genetik sebenarnya tidak dapat dicegah

Namun jika penyebabnya bukan itu, pertumbuhan uban bisa dicegah dengan konsumsi beberapa makanan sehat.

Seperti 5 makanan sehat ini yang bisa membantu mencegah rambut beruban. Ini daftarnya seperti diungkap dari boldsky.com (10/02).

  1. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi mungkin lebih dikenal manfaat sehatnya untuk pencernaan. Tetapi makanan ini bukan hanya meningkatkan kesehatan usus, melainkan juga berguna untuk pertumbuhan rambut.

Hal ini terjadi karena makanan fermentasi bakal menghasilkan biotin vitamin B yang berhubungan langsung dengan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Kekurangan biotin justru bisa menyebabkan perubahan warna dan kekuatan rambut. Untuk itu, makanan fermentasi seperti kombucha, kimchi, dan acar bisa mulai dikonsumsi.

  1. Salmon

Salmon dikenal sebagai ikan berlemak yang menawarkan segudang manfaat kesehatan. Salmon adalah sumber vitamin D sehat. Ketika seseorang mendapati dirinya kekurangan vitamin D bersamaan dengan kondisi rambut yang berubah, mereka mungkin bisa mengatasinya dengan konsumsi salmon.

Baca Juga  Ini Dia Daftar Makanan Yang Digemari Orang Mancanegara

Salmon bukan hanya menjadi sumber vitamin D, melainkan juga sumber omega-3 dan protein yang membuat rambut menjadi kuat dan halus.

  1. Telur

Telur, salah satu sumber protein yang memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Selain protein, telur juga mengandung B12 yang biasanya tidak tersedia di makanan nabati.
Seseorang yang kekurangan vitamin B12 bisa memenuhinya dengan konsumsi telur. Studi menunjukkan orang yang rambutnya tumbuh uban lebih awal (prematur) sebagian besarnya diketahui karena kekurangan B12.

Protein pada telur juga bisa merawat rambut rontok hingga meregenerasi sel kulit mati.

  1. Kedelai

Kedelai merupakan bahan yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti tahu, tempe, hingga susu. Bukan hanya mudah diolah, kedelai mengandung nutrisi baik salah satunya protein, yang baik untuk memperkuat rambut.

Di dalam kedelai juga ada banyak nutrisi seperti antioksidan yang dapat mencegah rambut beruban sebelum waktunya

Kedelai merupakan makanan yang kaya antioksidan untuk mengatasi stress oksidatif. Stress oksidatif bisa berperan dalam pertumbuhan uban prematur. Karenanya jika rutin konsumsi kedelai, rambut tidak akan memutih lebih cepat.

  1. Dark Chocolat

Dark chocolate merupakan salah satu makanan yang bisa membantu mencegah rambut beruban. Di dalam dark chocolate ada zinc yang merupakan nutrisi penting lainnya untuk mencegah rambut beruban dan penuaan.

Zat besi dan zinc di dalam dark chocolate merupakan nutrisi yang berperan penting. Karena kekurangan zat besi merupakan penyebab paling umum untuk masalah rambut. Sedangkan kekurangan tembaga bisa menjadi penyebab utama kekurangan melanin yang menyebabkan rambut beruban.

Dark chocolate bisa dikonsumsi secukupnya untuk mempertahankan warna rambut sekaligus meremajakan kulit. (net)

Sumber: detikfood

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img