Bappeda Banjarbaru Susun RKPD 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Banjarbaru- Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Banjarbaru, menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Banjarbaru Tahun 2023, bertempat di Aula Bappeda lantai 3, Kamis (10/02/2022).

Forum ini diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Banjarbaru, perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),maupun akademis dan dibuka secara virtual oleh H M Aditya Mufti Arifin, Walikota Banjarbaru.

“Walaupun forum ini dilaksanakan secara hybrid, tetapi diharapkan hasilnya bisa mendapatkan rumusan terbaik untuk RKPD Kota Banjarbaru Tahun 2023,” ungkap Walikota Banjarbaru dalam sambutannya.

Beliau juga menyampaikan program yang sudah dicapai pada Tahun 2021, dan berharap ekonomi Kota Banjarbaru di Tahun 2023 dapat kembali tumbuh. Sehingga dapat tercapai Visi Misi Kota Banjarbaru yang Maju, Agamis dan Sejahtera (JUARA). Ditegaskan prioritas pembangunan yang direncanakan harus bisa menyelesaikan dampak-dampak yang diakibatkan oleh pandemi.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kota Banjarbaru Kanafi  menjelaskan Forum tersebut sebagai tahapan awal untuk menjaring aspirasi. Tahap selanjutnya akan ditajamkan dan dikombinasikan lagi aspirasi-aspirasi tersebut ke dalam perencanaan.

“Jadi ini awal kita menjaring aspirasi, kemudian nanti kita akan melakukan penajaman dengan beberapa kativitas berikutnya, nanti ada forum gabungan SKPD. Kemudian nanti akan ada musrenbang, disana kita kombinasikan kembali aspirasi-aspirasi ke dalam perencanaan.” katanya.

Baca Juga  Wawali Banjarbaru Bahas Pengendalian Inflasi Melalui High Level Marketing

Dipaparkan juga program-program untuk menunjang visi-misi Walikota, yaitu program JUARA. Diantara, Pelayanan berbasis teknologi, Home Care, RT Mandiri, Urban Farming, Beasiswa Pendidikan Tinggi, dan Peningkatan Kesejahteraan. Sedangkan untuk prioritas pembangunan ke depan dijelaskannya, daya saing Sumber Daya Manusia adalah hal yang paling penting untuk dibangun.

“Ke depan sesuai tema pembangunan, tetap ingin membangkitkan ekonomi daerah, inovasi daerah, kemudian yang paling penting adalah membangun daya saing Sumber Daya Manusia di Banjarbaru, kita tahu kalau daya saing itu sudah terbentuk insyaAllah dengan kondisi apapun kita bisa bertahan.” jelasnya.

Selain meningkatkan daya saing sumber daya manusianya, adapun prioritas pembangunan untuk 2023 kedepan. Yakni, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, selanjutnya memperkuat pembangunan infrastruktur daerah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan kebencanaan. Yang terakhir meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah dan kualitas pelayanan publik melalui pemantapan pelaksanaan reformasi dan birokrasi.

“Semua rencana tersebut juga perlu adanya kerjasama antar pemerintah dan masyarakat, agar rencana tersebut bisa berjalan dengan semestinya,” pungkasnya. (Wahyu/BBAM)