Kamis, Desember 7, 2023

Dengan Helikopter Kepala BNPB Pantau Titik Karhutla di Kalsel

LINK,BANJARBARU–Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi perhatian khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Setelah kedatangannya pada Juli lalu, kini Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto kembali datang ke Kalsel.

Kali ini, Kepala BNPB bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto menaiki helikopter patroli dari Lanud Syamsudin Noor, melakukan patroli udara untuk melihat secara langsung kondisi terkini Karhutla di banua, Kamis (21/9).

Patroli udara ini menuju daerah daerah rawan karhutla diantaranya Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut dengan waktu tempuh 30 menit.

Usai meninjau Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, masih ada beberapa titik yang menyala dan itu yang akan menjadi fokus.

Untuk itu pihaknya akan menambah heli water bombing dan segera akan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mencegah meluasnya Karhutla.

Setelah melakukan patroli udara, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto langsung memimpin rapat penanganan Karhutla di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, dihadiri oleh Gubernur, Forkopimda Bupati dan Walikota, TNI/Polri, Kementerian LHK dan yang lainya.

Hingga saat ini, Kalsel diperkuat 6 helikopter untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan, 4 heli water bombing dan heli 2 patroli. Sedangkan status siaga karhutla masih berlaku hingga November mendatang. Ini bisa saja berubah melihat kondisi yang ada di lapangan. (tri)

BERITA TERBARU