Senin, Maret 4, 2024

Dirawat di PPRSAR Bayi Temuan Warga Sudah Sehat

Link, Banjarbaru- Setelah ditangani pihak Puskesmas Cempaka, dan Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Kota Banjarbaru. Bayi laki-laki yang ditemukan di Komplek Lambung Mangkurat Regency Tahap 2 C5 Nomor 7 RT 013, RW 01 Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Senin (28/11/2022) lalu, saat ini dalam kondisi sehat.

Bayi tersebut dititipkan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Anak (DP2KBPMP2A),  ke Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) guna mendapatkan pengawasan dan perawatan.

Sacik Kartikawati, Kepala Seksi Pelayanan PPRSAR Mulia Satria Kalsel, mengatakan bahwa hari pertama bayi laki-laki itu datang. Bayi tersebut masih belum begitu baik keadaannya, mengapa? Karena saat diberikan minum susu bayi tersebut masih memuntahkan susu tersebut. Namun, sekarang keadaannya sudah membaik dan bisa menerima susu yang diberikan.

“Saat ini dirawat oleh perawat, bidan dan satu ahli gizi, dan Alhamdulillah sekarang kondisinya sehat dan stabil, memang kemarin ada kendala menyusu agak susah bisa muntah mungkin kelamaan diletakkan diluar ruangan,” ungkapnya, Senin (5/12/2022)

Ia pun mengatakan, sejak bayi itu dititipkan di PPRSAR Mulia Satria banyak masyarakat yang ingin mengadopsi anak tersebut. Namun, Ia menegaskan bahwa bukan pihaknya yang memiliki wewenang untuk memberikan izin adopsi kepada bayi.

“Proses selanjutnya kami menunggu dari instansi yang merujuk yaitu DP2KBPMP2A Kota Banjarbaru. Kepolisian dan Dinas Sosial Banjarbaru, karena kami menempatkan diri sebagai instansi yang dititipi untuk merawat tidak berhak menentukan (adopsi),” tegasnya.

Selanjutnya, Sacik menjelaskan untuk semua proses adopsi bayi tersebut ada di Dinas Sosial setempat kemudian diteruskan ke Dinas Sosial Kalsel.

Sementara itu, untuk bayi yang baru saja ditemukan pada Minggu (4/12/2022) kemarin, saat ini masih dalam penanganan RSDI Kota Banjarbaru. Jika, nantinya kan dititipkan pihaknya tetap meneriman bayi malang tersebut. (wahyu/BBAM)

BERITA POPULER