Senin, Maret 4, 2024

Festival Beduk Kabupaten Banjar Digelar Kembali

Link, Martapura – Setelah tiga tahun absen, akhirnya tahun 2023 ini Festival Beduk Kabupaten Banjar digelar kembali.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda Olahraga (Disbudparpora) pada Ramadhan 1444 H kali ini akan kembali menggelar Festival Beduk.

“Pasca ditiadakan selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, maka tahun 2023 ini Pemkab Banjar akan kembali menggelar Festival Beduk yang dulunya memang saban tahun digelar,” ujar Kepala Disbudparpora Kabupaten Banjar, Haris Rifani, melalui Tisnohadi Harimurti selaku Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan.

Kendati demikian, papar Tisnohadi Harimurti, untuk kegiatan final Festival Beduk yang biasanya digelar di RTH Ratu Zalecha Martapura, maka Ramadhan kali ini titik kegiatannya akan dipindahkan ke teras kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banjar.

“Sebenarnya ada opsi untuk titik kegiatan pelaksanaan final Festival Beduk, yakni di RTH Ratu Zalecha Martapura atau di teras kantor Setda Kabupaten Banjar. Setelah kami koordinasikan dengan pimpinan, serta mendapatkan arahan dari Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, kegiatan akan dilaksanakan di teras Kantor Setda Kabupaten Banjar,” katanya.

Baca Juga  Perjadin DPRD Banjar, BPKP Laksanakan Audit Investigasi

Tisnohadi Harimurti memaparkan, untuk pelaksanaan babak finalnya akan diselenggarakan pada malam selikur atau pada 21 Ramadhan.

“Kalau dilaksanakan pada malam Hari Raya atau Lebaran, masyarakat tengah disibukkan dengan kegiatan lainnya. Sehingga rencananya akan dilaksanakan pada malam selikur. Dan saat ini sudah ada 28 group yang telah mendaftar. Rencananya pada Senin (20/3/2023) akan kami laksanakan babak penyisihan selama tiga hari,” ucapnya.

Dari hasil babak penyisihan tersebut, tambah Tisnohadi Harimurti, diperoleh sebanyak 9 group yang akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara. Baik Juara I, II, III, Juara Harapan I, II, dan III, dan Juara Kategori Favorit, Busana Terbaik, dan Kategori Group Beduk Pelestari, serta hadiah uang pembinaan ratusan juta rupiah saat malam finalnya nanti, yakni pada malam 21 Ramadhan mendatang.

“Sembilan group yang bertanding di Festival Beduk tersebut akan memperoleh uang pembinaan sebesar Rp34 Juta, piagam penghargaan, dan tropi juara. Sedangkan untuk juara satu akan mendapatkan piala bergilir,” pungkasnya. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER