Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLinkTeritoriGubernur: Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan Banua!

Gubernur: Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan Banua!

Link, Banjarmasin – Pemberian penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk pemerintah daerah dapat semakin memperkuat kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Banua dan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam sambutannya sebelum menyerahkan penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah di Hotel Aria Barito – Banjarmasin, Jumat (1/12) Malam.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, pendidikan merupakan faktor utama, yang mendorong kemajuan, dan perubahan yang lebih baik diberbagai lingkup kehidupan.

“Untuk itu, salah satu kunci untuk terus mencetak SDM yang berkualitas dan berdaya saing adalah pada penyelenggaraan pendidikan,” katanya

Paman Birin menambahkan, program pendidikan merdeka belajar adalah sebuah program kebijakan di bidang pendidikan, yang diharapkan dapat mendorong inovasi di lembaga pendidikan, serta meningkatkan kompetensi guru.

“Merdeka Belajar juga diharapkan mendukung pelaksanaan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa, karena mereka lebih banyak dilibatkan dan mereka belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka,” ucap Paman Birin yang beberapa waktu lalu menerima penghargaan Anugerah Kihajar 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Baca juga  Kalsel Tandatangi MoU KUR Senilai Rp 100 M

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang dengan penuh semangat, mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif, responsif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

“Semoga apresiasi yang diberikan malam ini, dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi, terus bergerak, dan memperkuat sinergi dengan stakeholders, demi mencapai tujuan bersama, yaitu mencetak generasi yang cerdas, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalsel, Yuli Haryanto menuturkan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan yang telah turut mensukseskan program Merdeka Belajar.

“Ada 14 Award yang kami berikan kepada Disdik Kabupaten/Kota se-Kalsel serta apresiasi kepada komunitas belajar karena kolaborasi dengan mereka, secara nasional kita dapat penghargaan,” ucapnya

Yuli Haryanto berharap, melalui penghargaan ini dapat memotivasi dan memberi dampak positif bagi pengajar maupun murid. (wahyu/BBAM)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER