Senin, Maret 4, 2024

Haul Sekumpul, Polda Gelar Rakor Lintas Sektoral

Link, Banjarmasin – Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Haul ke-19 Guru Sekumpul tahun 2024 di Aula Mathilda Polda Kalsel di Banjarmasin, Jumat (12/1).

Rapat yang dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto ini dihadir Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sulkan dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Komandan Korem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, dan Forkopimda serta jajaran kepolisian dan TNI di Kalsel.

Turut dalam rapat, perwakilan dari Badan SAR Nasional, Badan Pengawas Pemilu, KPU, BIN Kalsel, keluarga Guru Sekumpul, tokoh masyarakat dan relawan Haul ke 19 Guru Sekumpul Tahun 2024.

Kapolda Winarto diawal rapat mengatakan, kegiatan ini bagian dari rencana mengawal pelaksanaan haul Guru Sekumpul tahun ini sehingga berjalan aman dan lancar.

Hal penting yang tetap jadi fokus bersama ujarnya adalah senantiasa memberikan siapan melalui informasi dan mengantisipasi setiap potensi gangguan yang mungkin terjadi sekaligus antisipasi ancaman berbagai bentuk kriminal lainnya.

Baca Juga  Gubernur Jamu Kedatangan Pangdam Mulawarman

Kondisi cuaca dan iklim juga perlu diperhatikan dan dilakukan upaya antisipasi agar tidak menjadi gangguan bagi jemaah haul nantinya.

Kapolda pun berharap, karena momentum haul masih bersamaan dengan kampanye kontestan Pemilu tahun ini, agar tidak ada kegiatan bernuansa politik sehingga haul tahun ini berjalan dengan lancar dan khidmat.

Tujuan pengamanan agar dapat berjalan lancar dan sukses tanpa kendala yang berarti.
Selanjutnya Kapolda meminta, peserta rakor bisa memberikan gambaran umum rencana masing-masing untuk diserasikan dan bersinergi semua pihak terkait.

Dalam rapat dibahas terkait rekayasa jalur lalu lintas, lokasi-lokasi parkir, pengamanan jalur sungai dan jalur evakuasi, posko-posko yang dilengkapi CCTV untuk mengetahui aktivitas jemaah haul.

Terkait haul ini, Pemerintah Provinsi Kalsel turut terlibat untuk membantu kelancaran dan kenyamanan jamaah Abah Guru Sekumpul. (tri)

BERITA POPULER