Minggu, Maret 3, 2024

HGN 2023 Ajak Masyarakat Peduli Dengan Gizi Seimbang

Link, Banjarmasin – Tarian khas Banjar persembahan anak-anak dari Rumah Yatim Bahagia Kota Banjarmasin, mengawali acara peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) Tahun 2023 di Rumah Yatim Bahagia Jalan Simpang Bali Gang Telerama Nomor 13 Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah pada Sabtu (28/1).

Acara sekaligus penyerahan santunan dan pembagian goodies bag, serta pemeriksaan cek tumbuh kembang anak ini dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Husnul Khatimah.

Paman Birin pun menyampaikan apresiasi kepada yayasan Banua Berkah Mandiri selaku penyelanggara kegiatan, atas komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang anak asuh binaannya, demi mewujudkan kualitas terbaik bagi generasi yang lebih baik di masa depan.

Pada peringatan HGN tahun ini dengan bertema ”Protein Hewani, Cegah Stunting”, diharapkan menjadi pengingat semua pihak agar memperhatikan asupan protein hewani dalam makanan.

“Melalui tema HGN 2023 ini, kita ingin meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pemenuhan gizi seimbang,” ujar Paman Birin.

Gizi baik ujar Paman Birin, akan membuat berat badan sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, dan meningkatkan kecerdasan anak.

Disebutkan lagi, anak di usia sekolah, sedang mengalami pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental, dan emosional yang sangat cepat. Makanan yang mengandung unsur gizi sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang itu.

Lebih lanjut disebutkan, ketika data di Kalsel 2021 menunjukkan 1 dari 3 anak mengalami stunting. Pemerintah Provinsi Kalsel bergerak cepat untuk mencari tempat-tempat dengan stunting tinggi.

“Alhamdulillah, dengan kerja sama yang solid secara bertahap stunting di Kalsel terus mengalami penurunan,” ujar Paman Birin.

Diingatkan juga, panti-panti asuhan anak hendaknya memperhatikan gizi anak binaannya dengan baik atau kualitas asupan gizi dalam makanannya.

Ketua pelaksana, Wahyudi mengatakan, tujuan penyelanggaraan acara untuk mengingatkan kembali akan pentingnya gizi bagi anak, terutama pada masa pertumbuhan. Gizi yang baik bisa membantu pertumbuhan anak hingga dewasa.

“Peringatan juga sebagai motivasi kami untuk terus menyantuni anak-anak yatim dan dhuafa,” ujarnya. (why)

BERITA POPULER