Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaLink3FIngin Kuat Puasa, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Ingin Kuat Puasa, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Selama bulan puasa penting untuk mengatur pola makan. Beberapa kelompok makanan perlu dihindari konsumsinya agar puasa terasa lebih mudah dan lancar. Ini daftarnya.

Puasa lancar ditandai dari kondisi tubuh yang bugar dan pasokan energi yang stabil. Kondisi ini bisa dicapai bila fisik seseorang prima, salah satunya dipengaruhi oleh pola makan.

Penting memastikan tubuh mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang. Selain itu, hindari konsumsi makanan pemicu perut kembung dan rasa tak nyaman pada perut ataupun tubuh secara keseluruhan.

Mengutip Food NDTV (24/3), inilah 5 makanan yang perlu dihindari konsumsinya agar kuat jalani puasa:

  1. Karbohidrat Olahan

Mengonsumsi karbohidrat tidak salah, namun jenis yang disarankan adalah sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Jenis makanan itu antara lain nasi merah, gandum, kentang, dan ubi jalar.

Sebaliknya, hindari konsumsi karbohidrat olahan seperti kentang goreng, keripik kentang, roti tawar, kue kering, pasta dan makanan tinggi karbohidrat lain. Mengonsumsinya setelah puasa seharian bisa menyebabkan lemas setelahnya. Kalaupun mau memakannya, usahakan tidak terlalu banyak.

  1. Makanan kalengan

Aneka makanan kalengan memang praktis dan enak. Banyak orang akhirnya menjadikan makanan kalengan sebagai stok, namun perlu diingat, makanan ini tak sepenuhnya sehat sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.

Makanan kalengan mungkin mengandung banyak bahan pengawet, gula, atau bahan tambahan lain untuk memperpanjang masa simpannya. Makanan kalengan juga mungkin rendah nutrisi dan memiliki manfaat sehat yang minim sehingga tidak bagus dikonsumsi sering-sering.

  1. Minuman soda
Baca juga  Jumlah Perokok Aktif Meningkat, Didominasi Anak Muda

Minuman soda yang menyegarkan membuat banyak orang tak bisa lepas dari godaannya, sekalipun saat bulan puasa. Namun mengonsumsinya tidak disarankan karena bisa memicu rasa tak nyaman pada perut, apalagi jika diminum dalam kondisi perut kosong.

Minuman soda juga mengandung banyak gas yang mampu meningkatkan tekanan di perut. Karenanya sangat disarankan tidak meminum minuman soda sama sekali selama bulan puasa.

  1. Makanan manis

Makanan manis kerap tak terkontrol konsumsinya, terutama saat buka puasa. Faktanya, mengonsumsi makanan ini bisa membahayakan tubuh karena memicu lonjakan gula darah drastis. Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Makanan tinggi garam

Selain makanan manis, makanan tinggi garam juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Kandungan garam berlebih bisa memicu tekanan darah tinggi.

Kalaupun terlanjur atau terpaksa mengonsumsi makanan tinggi garam, imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Jenis makanan tinggi garam antara lain nugget, sosis, mie instan, bumbu masak instan, camilan keripik kemasan, makanan cepat saji, hingga produk olahan susu. (net)

Sumber: Detikfood

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER