Senin, Maret 4, 2024

Jokowi Pastikan Anggaran Kesehatan Dirasakan Masyarakat

Link, Sumut – Presiden Joko Widodo memastikan bahwa anggaran pemerintah sebesar Rp46 triliun untuk anggaran kesehatan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.

Hal itu diungkapkan saat bersilaturahmi dengan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di GOR Asber Nasution, Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu, 7 Februari 2024.

“Saya itu ngecek benar atau enggak karena anggaran kesehatan gede yang digelontorkan oleh pemerintah betul-betul diterima oleh masyarakat. Bayangkan kalau kita sakit jantung tidak ada ini (KIS) bayarnya bisa puluhan, ratusan juta, apalagi dibawa ke Jakarta bisa ratusan juta,” ucap Presiden.

Kepala Negara memastikan bahwa JKN-KIS dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk semua jenis penyakit, seperti sakit jantung, diabetes, hipertensi, dan katarak. Meski demikian, Presiden mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan agar tidak sakit.

“Kita patut bersyukur ada Kartu Indonesia Sehat, BPJS tapi penginnya kita juga sehat semuanya benar? Coba yang pernah menggunakan kartu ini untuk sakit jantung? Ada yang untuk cuci darah? Ada? Nggih, tidak dipungut biaya ya? Karena memang dari APBN kita telah menyiapkan Rp46 triliun,” tutur Presiden.

Baca Juga  Minuman Ini Jadi Solusi Redakan Sakit Tenggorokan di Bulan Puasa

Farida Nasution, salah seorang warga asal Tebing Tinggi, mengaku sudah merasakan langsung manfaat KIS. Saat berdialog bersama Presiden, Farida mengungkapkan pengalamannya dioperasi secara gratis karena menggunakan fasilitas KIS.

“Saya pernah operasi kelenjar getah bening di leher. Saya di Rumah Sakit Pamela. Tidak ada dipungut biaya sama sekali,” ungkap Farida.

Sumiati, warga Tebing Tinggi lainnya, juga merasakan manfaat serupa. Kepada Kepala Negara, ia menuturkan pengalamannya memeriksa matanya yang minus.

“Cek mata kemudian minus. Cek kesehatan di rumah sakit kemudian disuruh ambil (kaca mata) di optik. Enggak ada bayar,” ucap Sumiati. (tri)

BERITA POPULER