Jumat, Juni 14, 2024
BerandaHeadlineKapolda Kalsel Brigjen Pol Andi Rian Bidik Tambang Ilegal

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Andi Rian Bidik Tambang Ilegal

Link, Banjarmasin – Kapolda Kalsel Brigjen Pol Andi Rian menjadikan masih maraknya pertambangan batubara ilegal di wilayah Kalimantan Selatan salah satu masalah yang serius.

Hal tersebut disampaikan Brigjen Pol Andi Rian R Djajadi seusai pisah sambut Kapolda Kalsel dengan Irjen Pol Rikwanto di Mapolda Kalsel di Banjarmasin. Menurut Kapolda Kalsel yang baru ini, ia banyak menerima laporan tentang Pertambangan ilegal atau pertambangan tanpa izin (Peti) di wilayah Kalsel.

“Tadi saya sudah terima laporan. Sudah ada yang dilakukan penangkapan. Kita akan lihat sejauhmana konsistensi itu dilakukan (Polda Kalsel),” jelasnya, Kamis (20/10/2022) kepada awak media.

BACA JUGA  Cegah Stunting, Hj. Raudatul Jannah Galakan Gerakan Makan Ikan

Brigjen Pol Andi Rian juga mengungkapkan ia cukup mengenal Kalimantan Selatan, sebab ia mengawali tugasnya di kepolisian dengan menjadi Kapolsek Tanah Bumbu. Waktu itu Polsek Batulicin masih berada dibawah Polres Kotabaru.

“Saya dulu mengawali tugas di Kabupaten Kotabaru. Setelah 26 tahun bertugas kemana-mana kembali lagi ke sini,” ujar pria yang istrinya warga Kabupaten Kotabaru ini.

Sementara itu dari pantauan di lapanga, beberapa hari belakangan ini aktivitas angkutan batubara di jalan-jalan negara tampak sepi. Seperti yang ada di kawasan eks konsesi PKP2B PT BIM Kabupaten Banjar.

BACA JUGA  100 Paket Bansos Dibagikan Pemprov Untuk Warga di TPAS Basirih

“Sejak kemarin (Kamis, 20/10) truk-truk angkutan batubara yang biasanya ramai di malam hari sudah sepi kembali. Memang masih ada dua atau tiga truk yang jalan,” ujar warga sekitar tambang.

Sebelumnya, hal yang sama juga terjadi. Yakni saat ada razia besar-besaran beberapa waktu lalu. Bukan hanya truk angkutan batubara saja yang tidak terlihat lagi, aktivitas menambang juga tidak ada.

“Tetapi setelah itu tambang kembali ramai. Dan sekarang sepi lagi,” ungkapnya. (spy)

BERITA LAINNYA

POPULER