Minggu, Mei 19, 2024

Kemensos Buka Ribuan Formasi Lowongan ASN

Link, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) membuka lowongan aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 40.839 formasi pada tahun 2024.

Formasi dibuka untuk berbagai keahlian, termasuk dokter, auditor untuk tata kelola, serta berbagai posisi lainnya di Kemensos.

Terdiri dari 226 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 40.573 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebenarnya, Kemensos meminta 54.578 formasi di tahun 2024. Namun Kemenpan-RB hanya menyetujui 74,83 persennya yakni 40.839. Persetujuan diberikan dalam pertemuan di Kemensos pada Jumat kemarin (19/4).

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan pihaknya membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang teknis, terutama di bidang kesehatan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah. Terima kasih usulan kami sudah bisa dipenuhi. Semoga persetujuan ini memberikan kinerja yang lebih baik di Kementerian Sosial dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Mensos Risma.

BACA JUGA  Komisi I Minta Pola Karir ASN Dibuatkan Aturan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas juga meminta Kemensos lekas mengusulkan formasi pegawai ke Ibukota Negara Nusantara (IKN) atas saran Presiden.

Sebelumnya, Pembangunan kawasan IKN Nusantara di Kalimantan Timur kian nyata. Bahkan Presiden Joko Widodo telah memperintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas untuk bersiapkan pemindahan ASN.

Mengutip akun Instagram Kementerian PAN-RB @kemenpanrb, Sabtu (10/6/2023), MenPAN-RB Azwar Anas mengatakan Kementerian PAN-RB mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan perpindahan ASN ke IKN.

Skema pemindahan ASN telah disiapkan pemerintah sebaik mungkin. Tahap pertama pada 2024 ASN, TNI & Polri yang dipindahkan totalnya 16.990 orang. Rinciannya 11.274 dari 40 Kementerian/Lembaga, serta 5.716 personel TNI/Polri. (spy)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER