Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHeadlineKota Banjarbaru Akan Terapkan Rute Baru BTS di Awal Tahun

Kota Banjarbaru Akan Terapkan Rute Baru BTS di Awal Tahun

Link, Banjarbaru – Kota Banjarbaru segera merealisasikan, rute angkutan bus melalui skema Buy The Service (BTS).

Sebelumnya, telah dilaksanakan uji coba rute terbaru BTS, yang telah dilaksanakan sejak 17-19 November 2023 kemarin. Uji coba itu, telah mendapatkan antusiasme yang baik dari masyarakat .

“Kami juga sudah mendapatkan dukungan dari Kemenhub, target kami per 1 januari 2024 sudah bisa terealisasi,” ungkap Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, usai menggelar pertemuan dengan pihak Kemenhub, Senin (20/11/2023).

Wali Kota pun mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Organisasi Angkutan Darat (Organda). Agar, kedepannya tidak menimbulkan permasalahan dengan adanya angkutan perkotaan tersebut.

“Bersama Organda sudah ada koordinasi, mereka meminta beberapa jalur tetap mereka yang melayani. Intinya berbagi,” jelasnya.

Aditya berharap, angkutan perkotaan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi, yang akan berdampak terhadap pengurangan polusi dan kemacetan di Kota Banjarbaru.

“Termasuk juga bagi ASN dan para pelajar, agar bisa memanfaatkan angkutan umum secara maksimal,” harapnya.

Adapun rute baru BTS di Banjarbaru yang sudah disiapkan, terdiri dari dua koridor.

Koridor satu, dimulai dari Terminal Gambut Barakat KM 17 ke Jalan Lingkar Utara menuju Bandara Syamsudin Noor, berlanjut ke Jalan Karang Anyar kemudian Jalan Panglima Batur dan sampai ke Terminal Simpang Empat.

Sedangkan Koridor dua juga dimulai dari Terminal Gambut Barakat KM 17, menuju Jalan Trikora Liang Anggang, melewati Kompleks Perkantoran Gubernur Kalsel, berlanjut ke Jalan Palam, dan juga berakhir di Terminal Simpang Empat Banjarbaru.

Rute tersebut dipilih guna menghindari tumpang tindih rute angkutan perkotaan Banjarbaru, dengan bus angkutan lainnya. (wahyu/BBAM)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER