Senin, Maret 4, 2024

Kota Banjarbaru Dapatkan Piala Adipura Ke-5

Link, Banjarbaru-Kota Banjarbaru kembali menerima piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK). Piala Adipura 2022 ini merupakan piala ke 5 yang didapatkan Kota Banjarbaru, di Adipura ke- 9.

Didapatkan piala Adipura dengan kategori Kota sedang ini menunjukkan, Kota Banjarbaru telah berhasil standar-standar yang dibutuhkan. Tentunya melalui kebijakan, program maupun kegiatan yang disusun sepanjang tahun 2022.

Misalnya, Pembangunan Lingkungan Hidup yang bertujuan membangun lingkungan yang sehat dan dinamis. Sasarannya adalah kawasan pemukiman, perkantoran dan sentra ekonomi agar Banjarbaru menjadi kota Hijau yang Bersih, Sehat, dan ramah lingkungan. Arah kebijakan ini dibuat untuk penataan infrastruktur dan penataan lingkungan.

“Alhamdulillah, Banjarbaru bisa mempertahankan piala Adipura. Ini sebuah, prestasi yang harus terus kita jaga dan mudah-mudahan kedepannya bisa ditingkatkan,” ujar HM Aditya Mufti Arifin, Walikota Banjarbaru dalam perayaan 2 Tahun kepemimpinan Aditya-Wartono.

Ia mengatakan, jika saat ini baru bisa mendapatkan piala Adipura. Ia berharap tahun-tahun kedepannya bisa mendapatkan  Adipura Kencana, yaitu penghargaan untuk lingkungan, kebersihan yang tertinggi.

Baca Juga  RSDI Serius Dalam Survei Akreditasi

“Kedepannya target kami Insya Allah Adipura Kencana,” tambahnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat, agar memiliki kesadaran tinggi terhadap sampah yang ada di Kota Banjarbaru. Jangan membuang sampah sembarangan, seperti di jalan di sungai, maupun di tempat kosong lainnya.

“Kami harap masyarakat sudah sadar duluan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, dari itu mari kita bersama-sama menjaga,” ujar Aditya.

Karena menurutnya, jika lingkungan bersih dan lestarikan mana bencana pun akan menjauh. Sehinga perlu kerja keras kita bersama untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan lestari.

Walikota pun, tak luput memberikan apresiasi kepada pasukan hijau dan pasukan kuning di Kota Banjarbaru, yang berperan penting dalam membersihkan Kota Banjarbaru.

“Sudah saya sampaikan, Insya Allah pada 2024 nanti kontrak untuk petugas kebersihan akan naik. Ini sebagai penyemangat dan vitamin untuk para pejuang kebersihan di Kota Banjarbaru,” ungkapnya. (wahyu/BBAM)

BERITA POPULER