Rabu, Mei 22, 2024

Libur Panjang Saatnya Menikmati Keindahan Alam

Kawasan Gunung Pamaton Menyajikan Banyak Objek Wisata

Libur panjang, adalah waktu untuk berkumpul bersama keluarga dengan berbagai kegiatan. Banyak masyarakat menggunakan waktu libur tersebut untuk berwisata bersama keluarga maupun kerabat. Kawasan Pegunungan Pamaton merupakan salah satu objek wisata yang rekomended untuk dikunjungi

Catatan: Wahyu Kusuma Wati

Kawasan Pegunungan Pamaton berada di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Namun untuk menuju kawasan ini paling enak melewati wilayah Kota Banjarbaru, tepatnya Kecamatan Cempaka.

Mengapa? Lantaran sebelum sampai ke Kawasan Pamaton, banyak pilihan untuk disinggahi terlebih dahulu.

Salah satunya adalah Alaska Park, yang terletak di Sei Abit, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Wisata ini menyuguhkan berbagai wahana, seperti ghost forest, dino park, dan lain-lain.

Wisata Alaska Park ini, masih terbilang baru sehingga animo masyarakat masih tinggi untuk mengunjungi wisata ini. Terlihat, pada Minggu (22/1/2023) area parkir dipenuhi kendaraan-kendaraan pengunjung. Ada yang datang dengan menggunakan mobil pribadi, ada juga yang menggunakan bus wisata.

BACA JUGA  Tongkang Dijadikan Panggung, Festival Pasar Terapung Tak Semeriah Sebelumnya

“Kalau disini ramainya hari libur aja, dengan tiket Rp. 40 ribu untuk hari libur, kalau hari biasa Rp. 25 ribu,” ujar salah satu penjaga warung, yang berada tepat di seberang wisata Alaska Park.

Diketahui tiket masuk tersebut, belum termasuk jika ingin menaiki beberapa wahana yang tersedia di dalam. Seperti wahana bom-bom car, yang dikenakan biaya Rp. 25 ribu untuk menikmatinya.

“Saya tadi naik bom-bom car Rp. 25 Ribu,” ungkap seorang wisatawan.

Jika, Alaska Park belum bisa menjadi tujuan keluarga untuk berwisata. Maka, melipir tak jauh dari Alaska Park, ada wisata Air Terjun Janda Beranak Tiga. Wisata Air terjun ini, berada di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Akses menuju lokasi ini, sudah terbilang mudah sudah banyak petunjuk arah untuk ke lokasi tersebut.

BACA JUGA  Jamnas 4000 Vespa, Sebagai Ajang Promosi Wisata di Kalsel

Dengan harga tiket Rp. 10.000 untuk satu orang dan parkir Rp.3000 tersebut, sebanding dengan wisata yang disuguhkan. Wisata ini, cocok untuk wisatawan yang menyukai kegiatan outdoor maupun hanya sekedar ingin bermain air, atau bersantai-santai.

Dilengkapi, dengan berbagai fasilitas seperti toilet dan banyaknya warung di sekitar wisata tersebut tidak akan membuat wisatawan kebingungan. Tentunya, wisata ini menampilkan keasrian alam masih karena masih banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk memasang hammock. Selain hanya sekedar untuk bersantai, lokasi tersebut pun cocok untuk camping keluarga.

Walaupun wisatawan, harus berjalan kurang lebih 1 km dari area parkir untuk menikmati air terjun ini. Hal tersebut tak menyurutkan semangat, wisatawan untuk sampai ke lokasi tersebut.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER