Rabu, Mei 22, 2024

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu Redakan Flu dan Batuk

Pergantian musim bisa membuat seseorang mudah terkena flu dan batuk. Meskipun obat membantu, namun konsumsi 5 makanan dan minuman ini juga bisa mengatasinya.

Flu dan batuk merupakan penyakit yang umum dialami oleh seseorang. Gejalanya juga cukup mengganggu. Untuk mengatasinya, harus diiringi dengan istirahat cukup dan konsumsi makanan dan minuman bergizi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan klinik Cleveland di Mayfield Heights, Ohio, mengungkap pilihan makanan dan minuman yang tepat dapat membantu atau menghambat gejala flu.

Gejala flu dan batuk termasuk demam, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri tubuh, merupakan gejala yang sangat mengganggu. Untuk membantu meringankan efek flu, coba konsumsi 5 makanan dan minuman ini.

  1. Sup Ayam

Sup ayam hangat bisa jadi pilihan tepat untuk dikonsumsi saat mengalami gejala flu dan batuk. Satu studi menemukan jika bahan dalam sup ayam bersama-sama dapat mengurangi peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi influenza.

Dalam menyiapkan sup, Lori Dror, RD, dari Northwell Health di Long Island, New York merekomendasikan untuk mengisi sup dengan protein, sayuran, dan karbohidrat seimbang.

  1. Bawang Putih
BACA JUGA  Tahukah Kamu Konsumsi Telur Setiap Hari Bagus Untuk Kesehatan

Bawang putih memiliki sejarah panjang dalam dunia pengobatan. Contohnya di China dan India, bawang putih digunakan untuk mengobati masalah pernapasan dan pencernaan. Pada abad pertengahan, beberapa orang juga menganggap bawang putih bisa digunakan sebagai obat radang sendi bahkan batuk kronis.

Saat ini pun sama, konsumsi bawang putih dipercaya mampu meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan gejala flu. Bawang putih bisa dikonsumsi secara mentah atau dimasak terlebih dahulu.

  1. Madu

Khasiat madu tidak perlu diragukan lagi. Madu dikenal bisa meredakan sakit tenggorokan. Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Agustus 2020 di BMJ Evidence-Based Medicine menunjukkan jika madu mungkin efektif dalam mengobati gejala penyakit pilek dan flu daripada obat-obatan yang dijual bebas.

Awalnya para peneliti tidak tahu secara persis mengapa madu membantu mengatasi gejala flu dan batuk. Namun penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antimikroba. Menurut Cleveland Clinic, madu juga dapat melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi.

  1. Teh hangat
BACA JUGA  Meniran, Taman Liar Yang Mampu Redakan Asam Urat

Cara terbaik untuk menikmati madu yaitu dengan dicampur ke teh hangat. Minuman ini dapat meredakan sakit tenggorokan dan melegakan tenggorokan yang tersumbat, ucap Neha Vyas, MD, spesialis Kedokteran di Klinik Cleveland.

Teh mengandung antioksidan polifenol. Beberapa jenis teh seperti chamomile ditemukan memiliki sifat antibakteri. Sementara teh peppermint dapat meredakan gangguan pencernaan.

Pada teh hijau juga ada katekin yang mampu mengontrol sistem kekebalan tubuh. Meskipun secara umum teh bisa membantu gejala flu batuk, tapi sebaiknya hindari teh berkafein seperti teh hitam, ucap Vyas.

  1. Rempah-rempahan

Rempah seperti jahe dan kunyit juga mampu meredakan gejala flu dan batuk. Dalam studi yang ditinjau oleh eveydayhealth.com, para peneliti menemukan bahwa ekstrak jahe menawarkan sifat antimikroba. Sementara kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Vyas tidak merekomendasikan untuk mengandalkan rempah ini sebagai obat flu, tetapi rempah-rempahan tersebut bisa ditambahkan ke teh, sup, atau hidangan lain. (net)

Sumber: Detikfood.com

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER