Minggu, April 21, 2024

Sering Konsumsi Telur Rebus? Ini 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan 

Telur ayam merupakan makanan sehat yang mengandung banyak gizi dan vitamin. Kandungan pada telur meliputi protein tinggi, rendah lemak, karbohidrat, vitamin A, hingga vitamin B1.

Pada umumnya, masyarakat mengolah telur dengan cara digoreng, entah itu dibuat telur ceplok atau dadar. Keduanya sama-sama enak untuk dimakan.

Kalau ingin lebih sehat, disarankan diolah dengan cara direbus. Selain lebih mudah dan praktis dalam membuatnya, kandungan gizi dan vitamin pada telur rebus tidak banyak berkurang.

Lantas, apa saja manfaat mengkonsumsi telur rebus bagi tubuh? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Mengkonsumsi telur rebus ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengutip dari berbagai sumber, berikut manfaat telur rebus untuk kesehatan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Dilansir situs Web MD, telur rebus kaya akan sumber protein dan rendah lemak serta dapat mengurangi kalori yang masuk ke tubuh, sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program diet secara sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata, mengkonsumsi telur rebus dapat menjaga kesehatan mata, lho. Sebab, telur mengandung sumber vitamin A yang baik untuk menjaga mata tetap sehat.

Selain itu, telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi, sehingga turut membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi bagian putih telur rebus diyakini lebih sehat daripada kuning telur karena dapat mengontrol kolesterol. Jadi, setelah merebus satu buah telur sampai matang, kemudian pisahkan bagian kuning dari putih telur ke wadah terpisah. Kini, tinggal menikmati hidangan putih telur yang sehat dan bergizi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Telur rebus mengandung vitamin D dan protein yang baik untuk mendorong perkembangan prenatal. Kedua kandungan tersebut dapat menyehatkan tulang dan gigi serta pertumbuhan umum bayi selama masa kehamilan.

  1. Sumber Kolin yang Tinggi

Dilansir Healthline, telur rebus merupakan sumber kolin yang tinggi. Sedikit informasi, kolin adalah nutrisi yang termasuk dalam kelompok vitamin B.

Nah, kolin bermanfaat bagi pembangunan membran sel serta memproduksi molekul pemberi sinyal di otak. Perlu diketahui, dalam sebuah telur rebus terdapat sekitar 100 mg kolin.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lain dari telur rebus adalah dapat mencegah risiko penyakit jantung, salah satunya dipicu oleh kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bawah mengkonsumsi telur rebus dapat menurunkan risiko penyakit jantung, namun disarankan mengkonsumsi bagian putih telur rebusnya saja.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Mengkonsumsi telur rebus dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi otak. Kombinasi protein dan kolin dalam telur rebus dapat membantu otak untuk bekerja secara optimal.

Disarankan mengkonsumsi telur rebus saat sarapan agar dapat beraktivitas dengan penuh konsentrasi sepanjang hari.

  1. Membantu Penderita Anemia

Manfaat telur rebus yang terakhir adalah dapat membantu penderita anemia. Sebab, pengidap anemia kerap mengalami pusing karena kekurangan darah.

Untuk mengatasinya, disarankan rutin mengkonsumsi telur rebus. Soalnya, telur rebus mengandung zat besi tinggi yang dapat meningkatkan kinerja hemoglobin di dalam tubuh.

Berapa Menit untuk Merebus Telur?

Merebus telur tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, waktu merebus telur dapat menentukan tingkat kematangan bagian putih dan kuning telur.

Hal ini kembali sesuai selera masing-masing. Jika suka mengkonsumsi telur rebus setengah matang, maka waktu merebusnya sekitar 4-6 menit. Sedangkan untuk telur matang sempurna butuh waktu sekitar 8-12 menit.

Agar tidak bingung, berikut rincian waktu dalam merebus telur agar sesuai dengan tekstur yang diinginkan.

2-5 menit: menghasilkan putih telur yang lembut dan setengah matang. Tekstur kuning telur lembut dan kental.

6-8 menit: menghasilkan putih telur yang matang dan keras. Tekstur kuning telur agak lengket dengan warna kuning keemasan.

10-14 menit: menghasilkan putih telur yang matang dan keras. Warna kuning telur sedikit pucat dan teksturnya remah.

Itu dia delapan manfaat telur rebus bagi tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (net)

Sumber: Detik.com

Baca Juga  Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Buka Dapat Mencegah Sembelit
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img