Sabtu, Maret 2, 2024

Malam Ini Malam Nuzulul Qur’an

Link, Martapura – Malam 17 Ramadhan salah satu waktu yang ditunggu-tunggu. Begitu juga budaya masyarakat di Kabupaten Banjar.

Usai Shalat Tarawih, tak semua jamaah Masjid Arusshalihin Depan Sekumpul Martapura, bergegas pulang ke rumah. Sebagian memilih untuk kembali duduk di tengah-tengah ruang masjid. Mereka pun bersiap menggelar tadarus Al Qur’an secara bergantian dalam rangka memperingati Malam Nuzulul Qur’an.

“Alhamdulillah bisa bertemu lagi dengan malam yang mulia ini,” ungkap Fikri, salah seorang jamaah sumringah.

Seperti diketahui, Malam Nuzulul Qur’an merupakan salah satu malam penting bagi pemeluk agama Islam di kala bulan suci Ramadan. Ini merupakan malam diturunkannya Al-Quran untuk kali pertama.

Kali ini, Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1444 H jatuh di antara Jumat, 7 April 2023 dan Sabtu, 8 April 2023. Artinya, mulai malam ini, Jumat (07/04/2023), umat Islam sudah bisa melakukan sederet amalan di Malam Nuzulul Quran.

Baca Juga  Jelang Lebaran, DKUMPP dan BSML Awasi SPBU

Nuzulul Quran sendiri merupakan proses diturunkannya Al-Quran secara sekaligus dan berangsur-angsur melalui perantara Malaikat Jibril.

Adapun terkait tentang bagaimana turunnya Al-Quran, terdapat dua proses yang berbeda sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Abbas RA.

“Al-Qur’an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam Qadar, kemudian diturunkan sesudah itu sepanjang 20-an tahun”.

berkaitan malam Nuzulul Qur’an, firman Allah mengenai turunnya Al-Quran saat bulan Ramadhan:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). (QS. Al Baqarah ayat 185). (oetaya/BBAM))

BERITA POPULER