Rabu, Mei 22, 2024

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Jantung, Ini Kata Dokter Spesialis

Kopi baik dikonsumsi karena menyimpan beragam manfaat, termasuk kesehatan jantung. Manfaat kopi ini diungkapkan oleh dr. Vito Damai dalam konten videonya.

Kopi merupakan minuman yang dapat menyehatkan tubuh karena mengandung zat antioksidan tinggi. Jenis racikan yang baik dikonsumsi adalah kopi hitam polos.

Adanya zat antioksidan yang tinggi membuat kopi dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. Selain itu, banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, kopi juga bisa menyehatkan jantung manusia. Hal ini telah diungkapkan pada beberapa penelitian.

Seperti dilansir dari News Medical (21/12/2022), minum satu cangkir kopi sehari dapat membantu penyintas serangan jantung dengan menurunkan risiko kematian setelah serangan jantung. Selain itu, dapat mencegah serangan jantung atau stroke pada individu yang sehat.

Vito Damay, selaku Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah mengungkapkan juga manfaat minum kopi untuk kesehatan jantung lewat video di YouTube DRV Channel. Ia menyebutkan kalau akan baik dan bermanfaat jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup, tidak berlebihan.

“Kopi merupakan bagian dari diet yang sehat untuk jantung,” kata dr. Vito Damay.

Kemudian, dr. Vito Damay menjelaskan soal penelitian tersebut. Sebuah penelitian yang memiliki partisipan 300 ribu orang dan berlangsung selama 10 tahun, melihat apakah para partisipan memiliki penyakit jantung yang lebih berat atau mengalami serangan jantung setelahnya.

Setelah diteliti, ternyata orang-orang tersebut tak mengalami penyakit jantung. “Orang-orang yang mengonsumsi 2-3 cangkir per hari itu yang paling bagus. Karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 10-15 persen,” jelas dr. Vito Damay.

Vito juga menegaskan kalau semua orang boleh mengonsumsi kopi, termasuk mereka yang menderita penyakit jantung. “Justru ini bisa mendapatkan manfaat dari minum kopi, buat jantung iya. Dan termasuk buat orang-orang yang sudah punya penyakit jantung itu ternyata boleh minum kopi,” tegasnya.

Lalu kapan orang harus menghindari atau berhenti minum kopi? dr. Vito Damay menjelaskanorang harus berhenti minum kopi jika ia merasakan tubuh menjadi tak nyaman. (net)

Sumber: Detikfood

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER