Senin, Juli 22, 2024
BerandaHeadlineMemasuki September Karhutla di Kabupaten Banjar Kian Menjadi

Memasuki September Karhutla di Kabupaten Banjar Kian Menjadi

Link, Sungai Tabuk – Memasuki bulan September 2023 kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Banjar kian menjadi. Lahan-lahan pertanian pasca panen hinga semak belukar menjadi sasaran kebakaran.

Karhutla di Kabupaten Banjar memasuki September 2023 kian marak terjadi. Cuaca panas menyengat ditambah kencangnya angin terkadang membuat tim gabungan kewalahan dalam memadamkan karhutla. seperti yang terjadi di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk, Sabtu (2/8/2023) siang.

Angin kencang menjadi kendala bagi tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk, Sabtu (2/8/2023) siang.

Akibat angin kencang tersebut, kobaran api yang membakar semak belukar, purun dan pepohonan sulit untuk dikendalikan dan semakin cepat membesar.

” Kendala tiupan angin kencang yang mengakibatkan api cepat membesar,” tulis Pusdalops_PB dalam laporannya.

Baca juga  Pansus PT BIM Laporkan Penjarahan Ke Kementerian

Tim gabungan BPBD Banjar dan relawan kecamatan setempat berupaya untuk memadamkan api dengan peralatan yang disiapkan, antara lain 1 unit mobil pick up, 3 roll selang dan 1 Alkon.

Penanganan karhutla dilakukan sejak pukul 15.46 Wita, namun hingga 17.50 Wita api tak kunjung padam dan semakin merembet.

Meski usai penanganan oleh tim gabungan, status api hingga sore tadi dilaporkan belum padam. Sementara luasan lahan yang terbakar sudah mencapai sekitar 11,59 hektare.

Di lokasi yang berbeda, tim gabungan terdiri dari BPBD, DPKP dan warga setempat juga melakukan penanganan karhutla yang membakar semak belukar di Jalan Guntung Ujung Kecamatan Gambut.

Karhutla yang terjadi di lokasi tersebut mendekati permukiman warga. Untungnya api bisa dikendalikan dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 0,5 hektare. (zainuddin/BBAM)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER