Minggu, Mei 19, 2024

Pemko Banjarbaru Siapkan Rp18,5 M untuk THR ASN

Link, Banjarbaru – Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023 untuk Kota Banjarbaru akan cair pada 10 April 2023 mendatang. THR akan dibagikan untuk 3753 Pegawai Negeri Sipil, 364 PPPK dan 2 Pejabat Negara.

Tahun ini, jumlah THR yang akan dibagikan sebesar Rp. 18,5 Miliyar. Jainuddin, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah mengatakan, pencairan THR ASN ini, tidak ada pemotongan sama sekali.

“Insyaallah tanggal 10 nanti, THR cair. Tidak ada pemotongan selain pajak,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk besaran THR yang diterima ASN, ada sebesar gaji pokok yang mereka terima pada bulan sebelumnya.

“Aturan tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah, yang telah disampaikan Menteri Keuangan,” sebutnya.

Lebih jauh Jainuddin merinci, besaran THR yang diberikan yaitu sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum). dan 50% tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

BACA JUGA  Edarkan Sabu MH Ditangkap Polisi

Untuk Instansi Pemerintah Daerah, paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Untuk guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja/tambahan penghasilan diberikan 50% tunjangan profesi guru serta 50% tunjangan profesi dosen,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers secara daring.

Kebijakan pemberian THR ini merupakan bagian dari instrumen dalam APBN sebagai upaya menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional menuju normalisasi aktivitas masyarakat.

Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momentum untuk mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat termasuk melalui pemberian THR bagi karyawan, aparatur negara, dan pensiunan. (wahyu/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER