Sabtu, Februari 24, 2024

Penderita Asam Urat, Jangan Makan 4 Jenis Ikan Ini

Orang dengan penderita asam urat perlu memperhatikan asupan makanannya, termasuk soal ikan. Ada beberapa ikan yang perlu dihindari penderita penyakit.

Dilansir dari CNNIndonesia.com penyakit asam urat adalah kondisi peradangan yang bisa menimbulkan rasa nyeri intens di area persendian. Kondisi ini terjadi saat asam urat menumpuk dan membentuk kristal di area persendian atau jaringan di sekitarnya.

Makanan tinggi purin jadi salah satu penyebabnya. Purin sendiri merupakan zat alami yang berperan untuk mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi.

Namun, terlalu banyak purin akan meningkatkan produksi asam urat. Pasalnya, asam urat adalah senyawa yang diproduksi tubuh untuk mengurai purin.

Ikan untuk penderita asam urat

Ikan sendiri dikenal sebagai makanan sehat kaya protein dan lemak sehat. Anda bisa menambahkannya pada pola makan harian.

Namun, perlu diketahui juga, tak semua ikan memiliki kandungan purin yang aman. Beberapa terbilang aman, moderat, atau berbahaya. Artinya, konsumsi jenis ikan tertentu bisa memicu peningkatan produksi asam urat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai ikan yang bisa atau tidak bisa dikonsumsi penderita asam urat, mengutip Very Well Health.

Ikan tinggi purin

Beberapa ikan diketahui tinggi kandungan purin. Untuk itu, beberapa jenis ikan ini tak disarankan dikonsumsi oleh pengidap asam urat.

  1. Ikan teri

Meski kecil, ikan teri sebenarnya mengandung banyak nutrisi. Mulai dari vitamin B3, B12, dan selenium. Ikan teri juga kaya zat besi dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

Namun sayangnya, ikan teri bukan pilihan makanan yang baik untuk asam urat. Per 100 gram ikan teri mengandung 410 miligram purin.

  1. Ikan trout
Baca Juga  Hindari 5 Sayuran Ini Untuk Yang Mengalami Asam Urat

Ikan trout dikenal sebagai salah satu ikan yang mengandung kolesterol. Dalam setiap 100 gram ikan trout terdapat sekitar 59 miligram kolesterol.

Tak cuma kolesterol, ikan trout juga mengandung purin yang cukup tinggi. Per 100 gram ikan trout mengandung 297 miligram purin. Meski masih ada di bawah batas yang ditentukan (400 miligram), namun konsumsi ikan trout tetap perlu diperhatikan.

  1. Ikan tuna

Tuna dikenal sebagai salah satu ikan yang kaya akan lemak sehat. Ikan ini mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin D, zat besi, magnesium, dan kalsium.

Sayangnya, ikan tuna juga mungkin bisa berdampak buruk untuk orang dengan asam urat. Ada sekitar 257 miligram purin dalam setiap 100 gram ikan tuna.

  1. Ikan sarden

Sarden jadi salah satu ikan populer yang dikonsumsi banyak orang. Ikan ini juga banyak hadir dalam bentuk kalengan yang tinggal dipanaskan.

Namun, jika Anda memiliki penyakit asam urat, maka Anda perlu mempertimbangkan ulang konsumsi ikan sarden. Dalam setiap 100 gram ikan sarden, terkandung 210 miligram purin.

Ikan rendah purin

Beberapa ikan diketahui mengandung purin yang cukup rendah. Artinya, beberapa jenis ikan ini tak membahayakan asam urat.

  1. Ikan gindara

Ikan gindara mudah diolah menjadi apa saja. Teksturnya yang lembut juga enak untuk dinikmati. Pengidap asam urat tak perlu khawatir untuk mengonsumsi ikan gindara. Dalam setiap 100 gram ikan gindara, hanya terkandung sekitar 88 miligram purin.

  1. Monkfish

Meski bentuknya menyeramkan, namun ikan ini aman untuk penderita asam urat. Hanya ada sekitar 70 miligram purin dalam setiap 100 gram monkfish.

BERITA POPULER