Sabtu, Maret 2, 2024

Peringati Isra Mi’raj, Siang di TKA Malamnya di Mushala

Link, Banjarbaru – Di penghujung Bulan Rajab, masyarakat Banjar selalu memperingati Isra Mi’raj. Begitu juga yang dilakukan masyarakat kertak Baru, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Peringatan Isra Mi’raj Rajab Tahun 1444 H bertepatan 2023 Masehi kali ini, bagi masyarakat Kertak Baru Kelurahan, Cempaka, Kota Banjarbaru terasa istimewa. Tepat 27 Rajab masyarakat memperingatinya siang dan malam.

“Alhamdulillah, pada siang hari kami melaksanakannya di TKA Sulamul Riduan.  Kami menghadirkan KH Basuni, ulama Cempaka sebagai penceramah,” ungkap Bahrul, tokoh masyarakat setempat kepada Linkalimantan.com, Senin 20 Februari 2023.

Peringatan peristiwa yang luar biasa tersebut paparnya, ribuan masyarakat memenuhi kawasan TKA yang baru selesai dibangun tahun lalu.

Tidak cukup sampai di situ ungkanya lebih jauh, pada malam hari masyarakat juga melakukan hal yang disama di Mushola Sulamul Riduan, Kertak Baru.

Baca Juga  Menara Pandang KM 33 Ternyata Bukan Aset Pemko Banjarbaru

“Acara di mushalla ini kami menghadirkan KH Bahran Jamil atau mashur dengan panggilan Guru Danau. Alhamdulillah, ribuan masyarakat sekitar Kecamatan Cempaka dan seluruh alim ulama se Cempaka hadir dalam peringatan itu,” ujarnya.

Dibagian lain, para acara tidak melibatkan unsur pemerintahan tersebut masyarakat melaksaknakannya dengan cara bergotong royong.

“Istilah kami, ‘bebuatan’. Gotong royong, dah gitu saja. Jadi masing-masing mengambil peran semampunya,” katanya.

Dalam artian begitu tambahnya, ada yang mengikutkan beras, bumbu, ikan sampai urusan memasak di dapur.

“Pendeknya, dua acara tersebut dilaksanakan dari masyarakat untuk masyarakat,” katanya. (wahyu/BBAM)

BERITA POPULER