Minggu, Maret 3, 2024

Manfaat Susu Kental Manis Bagi Tubuh Manusia

Susu kental manis telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia dari generasi ke generasi sebagai pendukung sumber nutrisi yang nikmat. Masyarakat juga menjadikan susu kental manis sebagai pelengkap makanan keluarga.

Dilansir dari CNNIndonesia.com karena susu kental manis diproduksi dengan bahan dasar susu menggunakan teknologi proses yang modern, sistem jaminan mutu, dan keamanan produk. Sehingga tidak hanya terasa lebih gurih dan lezat, kandungan nutrisi di dalamnya pun tetap terjaga dengan baik.

Tak heran jika produk susu kental manis sangat diminati oleh keluarga Indonesia untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan keluarga. Baik saat sarapan pagi maupun sewaktu santai.

Kemudian, susu kental manis juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan kalori yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Kebutuhan Kalori Manusia

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kebutuhan kalori orang dewasa rerata 2.150 kkal sehari.

Adapun dalam satu sajian susu kental manis mengandung 130 kkal. Jumlah kalori susu kental manis ini yang dapat membantu mencukupi kebutuhan energi harian.

Kekurangan kalori membuat badan terasa lemas, sulit konsentrasi sampai mudah merasa lapar. Untuk itu, kandungan kalori di dalam susu kental manis bermanfaat bagi tubuh.

Sumber kalori susu kental manis berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Dengan kalori susu kental manis yang ada dalam menu sarapan, orang dewasa dapat bergerak lebih aktif karena energi yang masuk ke tubuh pun lebih banyak.

Hanya saja, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda berdasarkan sejumlah faktor. Antara lain, usia, berat badan, jenis kelamin sampai aktivitas harian.

Sebagai salah satu sumber kalori bagi tubuh, susu kental manis bisa menjadi bahan campuran pada kudapan dan minuman untuk menambah cita rasa.

Misalnya puding, salad buah, roti bakar, es campur, sop buah, dan banyak lagi. Apalagi makanan akan menjadi lebih nikmat jika dipadukan dengan susu kental manis.

Berbagai camilan dan minuman tersebut bisa menjadi alternatif sumber kalori bagi tubuh yang dapat memberi energi untuk menunjang aktivitas dan meningkatkan suasana hati. Namun tetap harus memperhatikan dalam mengonsumsi kudapan agar tidak berlebihan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Alasan memilih susu kental manis dan manfaatnya:

  • Susu kental manis termasuk bahan yang serbaguna dengan rasa yang berbeda dan bisa menambah kreasi camilan menjadi lebih nikmat.
  • Susu kental manis dapat membantu menunjang aktivitas harian karena mengandung vitamin, mineral dan kalori yang baik untuk tubuh.
  • Susu kental manis dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.
  • Dengan susu kental manis, menjadikan sarapan atau camilan yang Anda buat lebih gurih dan nikmat. Di mana susu kental manis bisa dijadikan topping menu sarapan pagi.
  • Susu kental manis praktis dan ekonomis. Dimana susu kental manis dapat dibeli di mana saja, dengan kemasan yang cukup beragam serta harga yang cukup terjangkau.
  • Susu kental manis mudah disimpan. Ini karena terdapat beberapa jenis kemasan susu kental manis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, di antaranya kemasan kaleng, pouch, dan sachet.

Menu Sarapan Pagi Praktis dengan Susu Kental Manis yang Bernutrisi

Roti Panggang

Cara membuatnya, oleskan susu kental manis pada roti dan panggang hingga kecoklatan. Tambahkan topping kesukaan Anda seperti meises, pisang, atau keju.

Roti Isi

Caranya, cukup sediakan selembar roti tawar, tuangkan susu kental manis diatasnya dan dilipat menjadi dua, kemudian sudah bisa disantap untuk menu sarapan pagi.

Telur Dadar

Cara membuatnya, campurkan 2 butir telur, 2 sendok makan susu kental manis, dan garam secukupnya. Goreng telur dadar di atas wajan datar hingga matang. Sajikan bersama roti panggang atau salad.

Salad Buah

Salad buah ternyata bukan hanya cocok dikonsumsi di siang hari. Salad buah juga bisa dikonsumsi di pagi hari. Di mana susu kental manis bisa menjadi topping untuk salad buah saat menjadi sarapan pagi yang bermanfaat bagi tubuh. (net)

BERITA POPULER