Senin, Juli 22, 2024
BerandaLinkTeritoriPersiapan Harjad ke 74 Kalsel, Pemprov Sinkronkan Agenda Kegiatan 

Persiapan Harjad ke 74 Kalsel, Pemprov Sinkronkan Agenda Kegiatan 

Link, Banjarmasin – Rapat ke 5 persiapan pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Jadi ke- 74 Provinsi Kalsel Tahun 2024, digelar Pemerintah Provinsi Kalsel pada Kamis (20/06/2024) di ruang rapat H Aberani Sulaiman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Rapat melibatkan para kepala dinas/badan/biro lingkup Pemprov Kalsel, kepolisian dan TNI, PWI Kalsel dan pihak terkait lainnya, tujuannya agar semua kegiatan sinkron.

Sejumlah acara diagendakan sebagai rangkaian peringatan hari jadi ini, termasuk puncak acara di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Bertindak selaku pengarah rapat, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kalsel Heriansyah, Kepala Biro Adpim Setdaprov, Berkatullah.

Penjelasan diawali dari pihak Event Organizer terkait layout panggung utama dan pelaksana festival pasar terapung serta makan gratis di kawasan nol kilometer Banjarmasin.

Dibahas juga persiapan untuk pertunjukan hiburan rakyat yang dimeriahkan raja dangdut Rhoma Irama dan Soneta Group ditambah sejumlah artis lokal.

Selanjutnya dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, disampaikan rencana agenda yakni pencatatan rekor pertunjukan kesenian sinoman hadrah oleh 1.000 pemuda di Kalsel, ditambah Gowes Geopark Meratus yang dimulai dari Kiram Park Kabupaten Banjar.

Baca juga  Guru Supian Bawakan Tausiah Di Gema Maulid 14 Malam

Adapun pihak Lanud Sjamsuddin Noor, menjelaskan seputar rencana penyelenggaraan kompetisi olahraga paralayang yakni South Borneo IPAC CAT-2 yang diikuti sekitar 80 peserta dari dalam dan luar daerah, termasuk peserta asing. Total hadiah 80 juta untuk juara yang dibagi dalam tiga kategori, perorangan dan beregu.

Turut menyampaikan agenda, PWI Kalsel berupa pekan olahraga wartawan nasional (Porwanas), dalam rangka memeriahkan peringatan hari jadi Kalsel tahun ini.

Pembukaan Porwanas tanggal 20 Agustus itu direncanakan hadir Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Selanjutnya, Ketua Harian BP Geopark Nasional Meratus Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan agenda Geopark Meratus Great Cultur Carnaval, termasuk kirab sasirangan dan pencatatan Rekor MURI untuk pembentangan kain sasirangan sepanjang 3.500 meter.

Sekdaprov Roy dalam arahannya, mengingatkan agar pelaksana kegiatan benar-benar memperhitungkan segala hal, sehingga kegiatan yang disusun lebih baik dari sebelumnya, dengan berkoordinasi pihak lain.

“Jangan seperti biasa-biasa, harus ada yang lebih, hadiahnya, dan sebagainya,” ujar Roy.

Selain rangkaian hari jadi, rapat juga membahas persiapan pelaksanaan program serap aspirasi turun ke desa atau Turdes ke 10 Paman Birin tahun 2024. (tri)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER