Minggu, April 21, 2024

Persiapan Haul Datuk Kelampayan Ke-27 Kian Matang

Link, Dalam Pagar – Persiapan pelaksanaan puncak haul ke 217 Maulana Syeich Muhammad Arsyad Al Banjari (Datuk Kalampayan) di Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar kian dimatangkan. Termasuk estimasi persiapan nasi bungkus untuk jamaah haul.

Puncak pelaksanaan Haul Datuk Kelampayan ke 217 Kamis 27 April sudah kian dekat. Desa Dalam Pagar pun sudah berbenah. Dapur-dapur umum sudah disiapkan dengan matang. Pun rencana panitia menyiapkan nasi sebanyak 100 ribu bungkus lebih juga sudah dimatangkan.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu panitia pelaksana (Ketua Dapur) Guru Muhammad Rofi’i disela-sela kesibukannya bersama panitia lainnya, di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Senin (24/4/2023) siang.

“Peringatan puncaknya, kita persiapan beras untuk masak sekitar 700 blek,” ujarnya.

Baca Juga  Sejumlah Desa Kecamatan Astambul Terdampak Banjir

Guru Rofi’i mengatakan, dalam pelaksanaan Haul Datuk Kelampayan ke 217 ini pihak panitia cukup banyak waktu dalam persiapan, mengingat izin dari pihak keamanan sudah ada sejak jauh hari. Berbeda halnya dengan tahun sebelumnya izin yang dikeluarkan waktunya cukup mepet dengan pelaksanaan haul, lantaran masih terjadinya pandemi Covid-19, sehingga panitia agak kerepotan.

”Kalau tahun lalu izinnya keluar dari kepolisian dua hari menjelang lebaran, jadi cukup kerepotanlah,” ucapnya.

Puncak peringatan Haul Datuk Kelampayan ke 217 pengarang kitab Sabilal Muhtadin tersebut akan dihelat di Masjid Tuhfaturraghibin di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (27/4/2023) pagi.

Jumlah jemaah diprediksi akan membludak lantaran melandainya Covid-19 dan pencabutan PPKM oleh pemerintah. (zainuddin/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img