Selasa, Juli 16, 2024
BerandaHeadlinePUPR Selesaikan 25 KM Jalan Lingkar Banjarbaru-Batulicin

PUPR Selesaikan 25 KM Jalan Lingkar Banjarbaru-Batulicin

Link, Banjarbaru  – Dari 100 KM rencana panjang jalan lingkar Banjarbaru-Batulicin, kini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel telah menyelesaikan 25 KM.

Sejak dicanangkan Tahun 2019 lalu, pembangunan jalan linkar Banjarbaru – Batulicin telah mengalami progress positif. Dimana dari rencana 100 KM total panjang jalan, Tahun 2022 ini 25 KM diantaranya sudah diselesaikan.

“Sejak penacanagan beberapa tahun sial, saat ini kami telah menyelesaikan akses jalan sepanjang 25 Km,” kata Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kepala Bidang Bina Marga, M Yasin Toyib, Banjarbaru, Senin (26/12/2022).

Diungkapkannya, dari bentang jalan 75 Km teersisa, beberapa pekerjaan sudah menanti. Diantaranya meliputi pengerasan dan pengaspalan jalan, pengerjaan enam buah jembatan dan 23 box culvert.

“Kami proyeksikan penyelesaian jalan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp1 triliun,” ucap Yasin.

Baca juga  Peringatan Haul ke-25 Tuan Guru KH. Salman Jalil

Sedangkan pekerjaan jalan yang sudah dilakukan sepanjang 25 KM menghabiskan dana anggaran sebesar Rp385 miliar. Adapun jalan yang sudah dikerjakan hingga diaspal, mulai Jembatan Awang Bangkal hingga simpang tiga Bukit Batu Desa Sungai Luar, dan dari Batulicin.

“Kapan penyelesaiannya, kita tak bisa memastikan karena bergantung ketersediaan anggaran,” ungkap Yasin.

Selain itu Yasin menerangkan, sebenarnya total ruas jalan lingkar Banjarbaru-Batulicin sepanjang 180 Km bila dihitung dari Simpang Empat Banjarbaru hingga Kota Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Namun sepanjang 125 Km di antaranya perlu penanganan, yakni dari Awang Bangkal hingga Mantewe KM 58.

“Sementara pada tahun anggaran 2023 mendatang, pekerjaan jalan lingkar Banjarbaru-Batulicin masih berlanjut dan dianggarkan sekitar Rp150 miliar,” terang Yasin.(oetaya/BBAM)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER