Sabtu, Maret 2, 2024

Roy Rizali Pantau Proyek Tugu Nol Kilometer

Link, Banjarmasin – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar meninjau pengerjaan proyek tugu nol kilometer yang ada di kawasan RTH Kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarmasin, Minggu (27/11) pagi.

Peninjauan yang dilakukan Sekdaprov usai melepas Jalan Sehat Germas yang digelar Dinas Kesehatan Kalsel di kawasan Siring 0 kilometer itu sekaligus melakukan pemeriksaan perbaikan Jalan Sudirman yang berada tepat di depan area Tugu Nol Kilometer itu.

Roy mengatakan, Pemerintah Provinsi berusaha memaksimalkan pengerjaan tugu nol km dan tahun ini fokus pada struktur bangunan atau pondasi tugu yang akan dibangun 4 lantai itu.

Itu untuk struktur bangunan yang ditarget di tahun ini,” ujar Roy.

Selanjutnya, karena dalam pelaksanaan pengerjaannya menggunakan skema multiyears, ia meminta agar pekerja dan waktu pengerjaan dapat ditambah.

Kita minta segera lembur dan tambah pekerja karena memang pekerjaan struktur untuk tugunya perlu tenaga ekstra karena bangunan sampai lantai 4,” ungkapnya.

Adapun untuk pembangunan tugu nol kilometer tahap pertama ini adalah pondasi dan areal dengan alokasi anggaran Rp26 mililar (single year) dengan pola desain rancang bangun.

Baca Juga  Kementerian PUPR Mulai Bangun 47 Tower Rusun di IKN

Peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan tugu dilakukan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel, Senin (15)11/2022).

Peletakan batu dilanjutkan Wakil Gubernur Kalsel, H Muhidin, KH Wildan Salman dan KH Hasanuddin Badruddin.

Gubernur saat itu mengatakan, tugu ini nantinya akan memberi ruang para UMKM yang dikelola unit kerja Pemerintah Provinsi Kalsel, menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, akan menjadi ikon Provinsi Kalsel.

Rencananya, bangunan dirancang setinggi 66,6 meter dan dimulai pembangunan dengan peletakan batu pertama untuk fondasinya terlebih dulu, serta landscape area sekitar. Dari desain rancang bangun pada area landscape tersebut, bakal ada empat hingga lima titik untuk areal yang bisa dimanfaatkan penjualan UMKM lokal banua, serta ada lokasi bazar, dan restoran serta cafe.

Tugu Nol Kilometer Banjarmasin ini akan menjadi bangunan prioritas Pemprov Kalsel bersama masjid besar di Setdaprov Kalsel di Banjarbaru. (why)

BERITA POPULER