Senin, Maret 4, 2024

Selain Cantik, Asoka Ternyata Miliki Manfaat Untuk Kesehatan 

Asoka merupakan bunga yang cantik dengan warna yang bermacam-macam. Ada yang berwarna merah, jingga, kuning, merah muda dan juga putih.

Selain menarik, ada beberapa manfaat dari bunga asoka. Yuk, kenali bunga asoka lebih lanjut beserta beberapa manfaatnya!

Arti Bunga Asoka

Bunga asoka memiliki makna yang sangat dalam dan filosofis. Arti asoka adalah kemerdekaan dari duka atau berbagai hal yang membantu meraih kebahagiaan.

Dalam situs IAFA for Allergy dijelaskan, asoka berasal dari bahasa Sansekerta A dan Shoka. Tanaman ini memiliki tempat yang spesial bagi umat Hindu sebagai simbol dewa cinta Kamadeva, yang perayaannya diperingati tiap 27 Desember.

Bunga asoka juga spesial bagi penganut Buddha, karena Sang Buddha Gautama dipercaya lahir di bawah pohon ini. Selain cantik, bunga asoka dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Mengenal Bunga Asoka

Bunga asoka merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis seperti India dan Indonesia. Biasanya, asoka dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

Menurut buku Biodiversitas & Iluminasi oleh Herdis Herdiansyah, tumbuhan asoka mempunyai bunga yang tumbuh menggerombol di sela-sela batangnya. Bunga ini memiliki tangkai panjang, bermahkota empat sisi, serta serbuk sarinya keluar seperti kembang api.

Bunga asoka merupakan penghasil zat warna. Mengutip repository UIN Suska, hal ini karena bunga asoka mengandung glikosida, flavonoid, tannin dan saponin.

Flavonoid dan tannin mempunyai kemampuan untuk menghasilkan perubahan warna yang tajam pada kisaran pH tertentu dibandingkan dengan non flavonoid dan derivat tannin.

Tanaman asoka berbunga saat menjelang musim hujan. Bunganya bisa bertahan selama 3-4 bulan. Biasanya untuk memperbanyak tanaman ini, pemilik akan melakukan pencangkokan.

Manfaat Bunga Asoka

Selain bentuk dan warnanya yang menarik, bunga asoka juga memiliki beberapa manfaat. Berikut diantaranya:

  1. Mengobati Luka Memar

Bunga asoka dapat digunakan sebagai obat luka memar. Mengutip laman perpustakaan SMAN 6 Berau, caranya yaitu dengan meminum rebusan air bunga asoka yang ditambah bunga mawar kering dan umbi daun dewa.

  1. Sebagai Spray Anti Nyamuk

Berdasarkan penelitian dalam skripsi dari UM Surabaya, rendaman bunga asoka dapat digunakan untuk mengusir nyamuk Aedes aegypti. Hal ini karena kandungan senyawa kimia flavonoid, saponin dan tanin dari bunga asoka.

Menurut Aminah dkk (2001), saponin memiliki aksi sebagai insektisida dan larvasida. Pemakaian bunga asoka yang direndam akan menimbulkan bau yang menyebar ke sekeliling dan mempengaruhi sistem pernapasan nyamuk, sehingga nyamuk mati.

Saponin memiliki efek antimikroba, menghambat jamur dan melindungi tanaman dari serangga. Zat ini memegang peranan penting terhadap kematian nyamuk Aedes aegypti.

  1. Mengobati Disentri

Asoka dapat bermanfaat untuk mengobati disentri hemoragik. Caranya adalah meminum ramuannya. Tumbuk bunga asoka sampai halus, kemudian campur dengan air.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut penelitian dari Universitas Gadjah Mada, bunga asoka berpotensi dapat mempercepat penyembuhan luka pasca pencabutan gigi. Flavonoid pada asoka berperan dalam melawan infeksi bakteri, antiinflamasi, dan antivirus.

Kandungan tanin memiliki sifat antimikroba, antiseptik dan antimikroba. Sementara saponinnya terbukti efektif dalam respon inflamasi.

Sebuah penelitian dilakukan dengan marmut yang telah dicabut giginya dan diberikan ekstrak bunga asoka. Hasilnya terdapat pembentukan pembuluh darah yang menjadi indikator proses penyembuhan luka.

“Hal ini menunjukkan ekstrak bunga asoka dapat mempercepat proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi,” kata Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Nisrina Nur Khasna, sebagaimana dilansir dari Wolipop.detik.com.

Bunga asoka kini tidak mudah ditemukan di habitat alami. Namun asoka banyak ditanam sendiri oleh masyarakat di taman atau lingkungan terbuka lainnya. Dengan banyaknya manfaat dan wujudnya yang cantik, apa kamu tertarik bertanam bunga asoka? (net)

Baca Juga  Presiden Resmikan RSPPN Panglima Besar Soedirman

BERITA POPULER