Minggu, Mei 19, 2024

Turunkan Kolesterol Dengan Air Rebusan 5 Daun Ini

Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan rebusan daun herbal. Berikut daftarnya.

Kadar kolesterol yang tinggi termasuk kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan dengan serius. Terlebih setelah hari raya lebaran dengan berbagai santapan tinggi kalori yang bisa memicu kenaikan kadar kolesterol.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh liver. Kolesterol penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu.

Namun, kolesterol akan berdampak buruk pada tubuh jika dalam jumlah yang banyak melebihi batas normal.

Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yang mematikan, seperti serangan jantung dan stroke.

Namun, kini banyak orang mencari solusi alternatif untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan bahan alami seperti rebusan daun.

Berikut beberapa jenis rebusan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi :

1. Daun kelor

Studi dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika menemukan bahwa air rebusan daun kelor memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol.

Dinyatakan daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol pada lansia setelah mengonsumsi rendaman daun kelor selama tujuh hari.

BACA JUGA  BPOM Kembali Temukan Produk Obat Tradisional Berbahaya

2. Daun kari

Mengutip Times of India, sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kari memiliki manfaat dalam menangani kadar kolesterol tinggi dengan kemampuannya sebagai antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol.

3. Daun salam

Mengutip Stylecraze, daun salam efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada penderita diabetes.

4. Daun artichoke

Dilansir dari Medical News Today, minum rebusan daun artichoke juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah meta-analisis pada 2018, ekstrak daun artichoke dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

5. Daun serai

Menurut Healthline, pada Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menemukan, bahwa ekstrak serai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada hewan, meskipun efektivitasnya tergantung pada dosis yang diberikan.

Dengan demikian, rebusan daun menawarkan alternatif alami yang menarik dan berpotensi efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kecocokan dan keamanan dengan kondisi tubuh pengidap. (net/CNNIndonesia)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER