Senin, Maret 4, 2024

“Voting” Fitur Baru Whatsapp, Ini Caranya

Link, Jakarta – Dalam meningkatkan performanya, aplikasi WhatsApp menyediakan berbagai fitur menarik didalamnya. Salah satu di antaranya yakni, fitur baru WhatsApp yaitu polling atau voting.

Merangkum berbagai sumber, fitur ini ternyata mudah digunakan pengguna untuk absen hingga membuat survei. Sebab, fitur voting ini dapat memungkinkan seseorang membuat daftar pilihan dalam percakapan grup.

“Pada grup WA, anggota grup dapat memilih opsi yang tersedia sesuai dengan pilihannya. Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mengetahui cara membuat polling di WA tersebut,” kata WhatsApp dalam keterangannya, Selasa (2/1/2024).

Intinya, fitur polling WhatsApp ini memudahkan pengguna untuk mengadakan jajak pendapat dengan orang lain. Seperti survei maupun membuatnya untuk Absensi.

Bahkan, fitur polling di WhatsApp bisa dipakai pada ruang obrolan pribadi dan grup. Namun, bisa dibilang lebih cocok dipakai untuk meminta pendapat di grup yang berisikan banyak anggota.

Dengan fitur polling di WhatsApp, pengguna tak perlu tanya satu per satu anggota. Pertanyaan tertentu dan beberapa pilihan jawaban yang membutuhkan keputusan mayoritas dapat tersaji cukup dalam satu bubble chat saja.

Baca Juga  WhatsApp Hadirkan Fitur Terbaru, Berikut Cara Aktifkan Proksi

Cara membuat polling di WA dapat dilakukan melalui berbagai platform. Seperti melalui aplikasi WhatsApp iPhone, aplikasi WhatsApp Android, dan WhatsApp Web, berikut caranya:

1. Buka ruang obrolan di aplikasi WhatsApp Android.

2. Setelah itu, klik ikon penjepit kertas yang berada di sebelah kiri kolom pengetikan chat.

3. Kemudian, pilih menu “Poll”.

4. Tulis pertanyaan pada kolom “Question”.

5. Tulis beberapa pilihan jawaban pada kolom “Options”.

6. Supaya pengguna hanya bisa memberikan suara pada satu pilihan atau hanya bisa memilih satu jawaban, silakan nonaktifkan opsi “Allow multiple answers”.

7. Setelah disusun semua, silakan klik opsi “Send” untuk mengirim polling ke ruang obrolan.

8. Setelah terkirim, pengguna bisa mulai mengisi polling.

9. Pengguna juga bisa melihat siapa yang sudah memberikan suara dan jumlah suara yang diberikan pada satu pilihan.

BERITA POPULER