Minggu, Maret 3, 2024

Wabup Ingatkan Maret Curah Hujan Masih Tinggi

Link, Martapura – Meski pun banjir mulai surut, warga Kabupaten Banjar, utamanya yang berhuni di daerah rawan banjir untuk tetap waspada. Hal itu karena diprediksi Maret 2023 curah hujan yang menguyur wilayah Kalsel masih tinggi.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie mengingatkan masyarakat tetap waspada akan curah hujan yang diprediski BMKG masih cukup tinggi.

“Sesuai pengumuman BMKB, di Kabupaten Banjar pada bulan Maret 2023 potensi curah hujan masih tinggi,” kata Wabup saat memimpin Rapat koordinasi (Rakoor) mingguan Pemkab Banjar, di Aula Barakat Lantai II, Kantor Bupati Banjar, Martapura.

Kepada jajarannya, Habib Idrus yang didampingi Sekda HM Hilman, meminta melakukan pemantauan baik melalui program radio komunikasi dan stake holder terkait guna mengurangi risiko yang berdampak kepada masyarakat.

Baca Juga  Perkara Perjadin DPRD Banjar Dilimpahkan ke Pidsus

“Berdasarkan data dari BPBD Banjar, banjir terjadi dari 26 Februari hingga 5 Maret 2023. Rinciannya banjir terjadi di 11 kecamatan, 99 desa/ kelurahan. Rumah yang terendam terdata 17.360 unit dengan 21.076 KK dan 209 orang mengungsi,” rinci Habib Idrus.

Lebih lanjut dikatakannya, terkait kesehatan sejauh ini sekitar 1.500 masyarakat dilayani. Ia menginstruksikan kepada Dinkes dan puskesmas, agar terus memberikan pelayanan pemeriksaan yang intensif khususnya kepada masyarakat terdampak banjir.

Rakoor yang diikuti Asisten, Staf Ahli, para Kepala SKPD ini juga membahas beberapa jalan rusak akibat tergenang banjir. Selain itu, perbaikan pedestrian Jalan Sekumpul dan safari ramadan yang tinggal sekitar setengah bulan. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER