18.5 C
New York
Sabtu, September 28, 2024

Buy now

spot_img

KaKanwil Kemenag Ajak Pelajar NU Komitmen Jaga NKRI

Link, Banjarbaru – Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd mengajak para Pelajar Nahdlatul Ulama (NU) berkomitmen untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jaga NKRI dengan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Insaniyah dan Ukhuwah Wataniyah,” ujar Tambrin diarahan pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Kalimantan Selatan, Jum`at (29/03/24) di Aula Mekkah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Secara bahasa kata Tambrin, ukhuwah berasal dari kata akha, yang artinya mempersaudarakan dan alam tradisi Nahdlatul Ulama (NU), kata ukhuwah ini memiliki kekhasan dan sejarah yang panjang yang kemudian dikenal dengan konsep Trilogi ukhuwah dalam rangka menjaga hubungan baik antara masyarakat, agama dan negara.

Ukhuwah Islamiyah terangnya, yaitu konsep persaudaraan sesama muslim dan dalam kehidupan merupakan modal untuk melakukan pergaulan sosial antar umat Islam.

Baca juga  Kemanag Buka Pendaftaran PBSB

Kemudian ukhuwah wathaniyah lanjutnya, merupakan modal dasar untuk melakukan pergaulan sosial dan dialog dengan berbagai komponen bangsa Indonesia yang tentu saja tidak terbatas pada satu agama semata. Namun lebih dari itu, ukhuwah wathaniyah adalah sebuah komitmen persaudaraan antar seluruh masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam agama, suku, bahasa dan budaya.

“Yang ke-3 ukhuwah insaniyah, sebuah prinsip yang dilandasi bahwa sesama manusia adalah bersaudara karena berasal dari ayah dan ibu yang satu, yakni Adam dan Hawa,” terangnya.

Tambrin berharap para Pelajar NU mampu menerapkan konsep trilogi Ukhuwah tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan hubungan persaudaraan terlepas dari status agama, suku bangsa atau pun sekat geografis, karena nilai utama dari persaudaraan adalah kemanusiaan. (tri)

BERITA LAINNYA

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU