22.4 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Buy now

spot_img

Atasi Gagal Panen Cabai Rawit, Distan Siap Salurkan Bantuan

Link, Martapura – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar siap menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan kepada para petani cabai rawit yang gagal panen.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Warsita setelah mendapatkan informasi terkait keluhan petani cabai yang alami gagal panen akibat terserang penyakit patek atau serangan jamur colletotrichum atau jamur gloeosporium.

“Karena itu kita terjun Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) ke lapangan untuk mengetahui penyebab tanaman cabai petani gagal di panen. Dengan begitu kita dapat menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan mereka,” ujarnya pada Rabu (31/7/2024).

Karena itu lanjut Warsita, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar masih belum dapat mengetahui secara pasti penyebab tanaman cabai para petani alami gagal panen.

“Kalau prediksi sementara karena kondisi cuaca ekstrim. Dan sementara ini informasinya baru di Desa Pingaran Ulu. Karena itu petugas POPT kita terjunkan untuk melakukan pendataan dibeberapa wilayah yang kemungkinan terjadi kekeringan hingga menyebabkan gagal panen,” ucapnya.

Baca juga  Dinas Pertanian Pastikan Hewan Ternak Bebas PMK

Kalau memang faktor kekeringan, papar Warsita lebih jauh, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar siap meminjamkan pompa air kalau memang ada sumber air terdekat.

“Kita juga akan melakukan pendataan terhadap para petani yang masih belum tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Karena, kalau sudah tergabung dalam Gapoktan kita dapat mengetahui apa saja yang mereka perlukan, terlebih Gapoktan merupakan salah satu syarat agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah yang bersumber dari APBD karena sudah berbadan hukum,” ungkapnya.

Selain upaya tersebut, Warsita juga menjelaskan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Banjar sudah melaksanakan kegiatan sekolah iklim untuk mengetahui kapan waktu tanam yang tepat. “Mungkin kegiatan tersebut masih belum dapat mencakup secara luas atau terbatas. Karena itu akan kita laksanakan lagi secara bertahap,” pungkasnya.(zainuddin/BBAM)

BERITA LAINNYA

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU