8.9 C
New York
Jumat, Oktober 18, 2024

Buy now

spot_img

Daftar 10 Makanan Indonesia Yang Terkenal Hingga Luar Negeri

Selain diberkahi keindahan alam yang memukau, Indonesia juga memiliki keanekaragaman kuliner yang sangat beragam dan memikat. Mulai dari ujung timur hingga barat, setiap daerah memiliki makanan tradisional dengan cita rasa khasnya masing-masing.

Dari sekian banyak makanan yang ada, beberapa makanan Indonesia ternyata ada yang populer hingga di luar negeri. Cita rasa khas rempah dan bumbu yang autentik rupanya cocok dilidah orang bule.

Penasaran makanan khas Indonesia apa saja yang menjadi favorit orang bule? Melansir dari detikFood dan ranking makanan Indonesia dari laman Taste Atlas, berikut daftar lengkapnya. Simak!

1. Siomay

Kuliner kaki lima ini memang bukanlah hidangan asli Indonesia. Siomay pertama kali dibawa ke Nusantara oleh kalangan imigran China pada masa penjajahan Belanda. Namun seiring berjalannya waktu, siomay mengalami modifikasi yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Menikmati sepiring siomay biasanya dilengkapi dengan kondimen lainnya seperti kentang, telur, tahu, kol, pare, dan pangsit. Semua bahan disusun di atas piring, di potong-potong kecil, dan disiram bumbu kacang.

Semakin nikmat, siomay juga diberi tambahan kecap manis, saus cabai, dan sedikit perasan jeruk nipis. Perpaduan rasa pedas, manis, dan asam membuatnya menjadi bagian dari jajanan kaki lima paling populer di Indonesia, bahkan di luar negeri.

2. Soto Betawi

Indonesia memiliki beragam jenis soto dengan cita rasa lezat yang menggugah selera. Salah satu yang populer adalah Soto Betawi. Makanan asal Jakarta ini berupa sup daging sapi yang terdiri dari potongan daging dan jeroan yang direbus dalam kuah santan gurih.

Soto Betawi biasanya disajikan dengan beragam topping pelengkap meliputi kentang goreng dadu, tomat, daun bawang, bawang goreng, dan emping. Semakin lengkap, Soto Betawi dinikmati dengan nasi putih hangat dan acar asin di sampingnya.

3. Pempek

Kuliner khas Palembang, Sumatera Barat ini menjadi salah satu makanan lezat tradisional yang banyak digemari orang bule, loh.

Pempek terbuat dari adonan ikan giling dan tepung tapioka, kemudian dibentuk dan dikukus, lalu digoreng hingga renyah sebelum disajikan.

Sebelum dinikmati, pempek dipotong-potong seukuran gigitan, serta diberi tambahan kondimen berupa mie kuning dan potongan timun. Tak lupa disajikan dengan cuko khasnya sebagai kuah pendamping atau saus cocolan.

4. Rawon

Dari sekian banyak sajian sup yang ada di dunia, Rawon khas Jawa Timur menjadi hidangan berkuah yang paling banyak disukai orang bule. Cita rasa unik dan autentik hidangan ini bikin bule jatuh cinta dengan rasanya.

Kuahnya yang berwarna hitam pekat dengan rasanya yang gurih, sedikit asam, dan beraroma khas kluwek menjadi daya tarik makanan ini.

Semakin nikmat, semangkuk rawon biasanya disajikan bersama dengan tauge kecil (kecambah), telur asin, bawang goreng, dan kerupuk udang. Jangan lupa juga pakai nasi hangat biar makin mantap. Duh, sedap banget, nih!

5. Batagor

Mirip-mirip dengan siomay, namun yang membedakan keduanya adalah cara pengolahannya. Kalau siomay dimasak dengan dikukus, sementara batagor dimasak dengan cara digoreng kering.

Baca juga  Bingung Sahur Lauk Apa? Ini 3 Resep Kering Tempe Cocok Buat Lauk

Batagor disajikan dengan siraman bumbu kacang, kecap manis, dan saus cabai. Selain itu, makanan khas Bandung ini juga kerap disajikan bersama dengan siomay. Perpaduan tekstur renyah dan kenyal dari keduanya terasa begitu nikmat di lidah.

Jajanan gerobak ini banyak dijual di pinggir jalan. So, kamu nggak bakal kesulitan untuk menemukan camilan enak ini.

6. Rendang

Bisa dikatakan, rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. Saking lezatnya, rendang seringkali disajikan di berbagai festival internasional dan pernah meraih posisi teratas sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011.

Rendang sendiri merupakan hidangan khas Sumatera Barat berupa olahan daging yang dimasak bersamaan dengan bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia. Proses memasaknya pun membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-8 jam, hingga daging empuk dan beraroma nikmat.

Kelezatannya yang mendunia, bahkan membuat koki kenamaan dunia, Gordon Ramsay, rela datang jauh-jauh ke Sumatera Barat untuk mempelajari resep aslinya, lho!

7. Nasi Goreng

Siapa sangka, nasi goreng ternyata juga termasuk makanan Indonesia yang mendunia. Saking nikmatnya nasi goreng ala Indonesia, hidangan satu ini sering muncul sebagai menu andalan di sejumlah restoran di luar negeri, lho.

Umumnya, nasi goreng terbuat dari nasi putih yang dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kecap manis, dan penyedap. Selain itu, orang-orang juga kerap menambahkan beragam topping, mulai dari potongan bakso, sosis, ayam suwir, telur, sawi, hingga kol.

8. Sate

Sate khas Indonesia termasuk salah satu kuliner lezat yang populer di berbagai belahan dunia. Terdiri dari potongan daging yang ditusuk pada tusukan bambu, lalu dibakar hingga matang.

Semakin nikmat, sate disajikan dengan siraman bumbu kacang atau bumbu kecap, serta acar di sampingnya yang membuatnya lebih nikmat. Sajian sate khas Indonesia sendiri terdiri dari beragam pilihan, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate padang, hingga yang hits yakni sate taichan.

9. Bakso

Meski ada banyak jenis bakso dari berbagai belahan dunia, tapi ternyata bakso khas Indonesia menjadi salah satu yang populer dan digemari para bule.

Bakso terbuat dari campuran daging giling dan tepung tapioka, kemudian dibentuk bulat dengan berbagai ukuran dan isian. Semangkuk bakso disajikan dalam kuah kaldu dengan tambahan mi kuning, bihun, dan sayuran. Tak jarang juga ada diberi tambahan tahu dan tetelan.

Hidangan ini banyak disukai karena rasanya gurih dan hangat sangat cocok disantap ketika musim hujan.

10. Gado-gado

Kerap disebut sebagai salad khas Indonesia, ternyata gado-gado termasuk ke dalam daftar makanan tradisional Indonesia yang menjadi favorit orang bule, lho!

Makanan khas tanah Jawa ini terdiri dari aneka sayuran rebus, telur rebus, tahu, tempe, dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Tak lupa, gado-gado biasa dinikmati bersama dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. (net)

Sumber: Beautynesia.id

BERITA LAINNYA

spot_img
spot_img

BERITA TERBARU