Minggu, Mei 19, 2024

AFC U23 2024: Indonesia Kalah 0-2 Dari Qatar

Link, JakartaTimnas U-23 Qatar berhasil mengalahkan Indonesia pada laga Grup A Piala Asia U-23 2024. Tim tuan rumah menang 2-0 atas Garuda Muda di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/2024) malam.

Qatar mendapat pelung emas pertamanya pada menit ke-17 lewat sepakan keras Ahmed Al Rawi. Ernando Ari berhasil mengamankan tendangannya dan mengamankan gawang Indonesia.

Indonesia mengancam Qatar lewat serangan balik cepat pada menit ke-38. Kombinasi Marselino dan Ivar Jernner diakhiri oleh sepakan melengkung Rafael Struick.

Keberuntungan belum berpihak kepada Indonesia. Bola hasil tendangan Rafael Struick dari tepi kotak penalti membentur tiang gawang.

Petaka datang kepada Garuda Muda ketika Rizky Ridho melakukan pelenggaran di dalam kotak penalti pada kenit ke-45. Wasit semapt meninjau VAR dan memberikan hadiah penalti kepada tim tuan rumah.

Khaled Ali yang maju menjadi eksekutor mengecoh Ernando Ari dan menjalankan tugasnya dengan baik. Indonesia untuk sementara tertinggal 0-1 atas Qatar di babak pertama.

Di awal babak kedua, Ivar Jenner menelan kartu kuning keduanya usai dianggap melanggar Saif Eldeen Hassan. Gelandang diusir wasit, dan Indonesia harus bermain dengan 10 orang dalam situasi tertinggal 0-1.

Tak lama usai bermain dengan 10 orang, Indonesia akhirnya kebobolan lagi. Kali ini Ahmed Al Rawi yang menjebol gawang Ernando, lewat tendangan bebas langsung, skor 2-0 di menit ke-54.

Tertinggal dan bermain 10 orang, Garuda Muda justru beberapa kali mampu menekan. Peluang didapat Indonesia lewat eksekusi tendangan bebas Arhan yang melambung di menit ke-58.

BACA JUGA  Prediksi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23

Selang dua menit, gantian tendangan bebas pemain pengganti Nathan Tjoe-A-On yang juga melewati mistar gawang Qatar. Lagi, Indonesia mengancam di menit ke-63 lewat tendangan first time Marselino tetapi bisa ditepis Youssef Abdullah

Di masa injury time, Ramadhan Sananta diusir wasit dan Indonesia bermain dengan sembilan orang. Pelanggaran kerasnya ke Mohammed Aiash dicek VAR, dan kartu kuningnya berubah jadi merah.

Tambahan waktu 11 menit yang diberikan wasit tak mampu dimanfaatkan kedua tim untuk mencetak gol. Skor 2-0 untuk kemenangan Qatar menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Kekalahan ini membuat Indonesia turun ke posisi empat klasemen Grup A tanpa poin. Sementara Qatar naik ke puncak klasemen dengan tiga poin, unggul dua poin dari Australia dan Yordania yang bermain imbang.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda (Nathan Tjoe-A-On 51’), Rizky Ridho; Ilham Rio Fahmi, Arkhan Fikri, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Qatar U-23: Youssef Abdullah Baliadeh; Abdulla Alyazidi, Hashmi Al Hussain, Mohammed Aiash, Saif Eldeen Hassan; Mostafa Meshaal Tarek, Jassem Gaber, Naif Al Hadrami; Khaled Ali Sabah, Ahmed Al Rawi, Mahdi Salem

Pelatih: Ilidio Vale.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER